Return to site

Strategi Marketing Jadul Yang Masih Efektif Hingga Sekarang

Strategi marketing efektif

Strategi Marketing Jadul Yang Masih Efektif Hingga Sekarang

Ada banyak strategi marketing yang muncul seiring dengan perkembangan dunia teknologi saat ini. Meski demikian, pelaku bisnis tidak hanya memanfaatkan cara ini secara eksklusif dalam memasarkan produk-produk mereka. Hal ini dikarenakan strategi marketing cara lama atau jadul masih banyak yang efektif hingga saat ini. Dengan melakukan sedikit perubahan, Anda dapat melakukan strategi jadul ini bekerja lebih relevan untuk bisnis Anda saat ini. Apa saja strategi marketing jadul yang masih efektif hingga saat ini? Berikut daftarnya

1. Hadiah promosi

Konsep pemberian hadiah kepada pelanggan atau calon pelanggan masih menjadi cara yang efektif hingga saat ini. Bermacam-macam hadiah yang ditawarkan oleh perusahaan agar menarik calon pelanggan. Mulai dari hadiah kecil hingga hadiah besar. Kenapa harus memberikan hadiah kepada calon pelanggan atau kepada pelanggan lama? Memberikan hadiah secara gratis kepada pelanggan dinilai sebagai salah satu demonstrasi yang dilakukan oleh perusahaan untuk lebih menghargai pasar.

2. Memanfaatkan daftar email (mailing list).

Saat ini sudah banyak media promosi yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan dalam memasarkan produk. Bisa berupa iklan di website, iklan baris, Pay Per Click (PPC), social media dan lain sebagainya. Banyak yang beranggapan bahwa mempromosikan produk melalui email sudah ketinggalan zaman. Tak sedikit juga perusahaan yang merasa bahwa email marketing yang mereka lakukan tidak efektif karena tidak banyak pelanggan yang membaca email atau minimnya lead yang dihasilkan dari email marketing ini. Padahal, jika perusahaan melakukan dengan cara yang benar, maka email tersebut akan dibaca oleh pelanggan-pelanggannya sehingga mampu menarik lead baru.

3. Tanda perusahaan (penunjuk)

Jika Anda berencana untuk melakukan pemasaran offline, salah satu cara pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan pemasangan penanda perusahaan seperti baliho, poster dan lain sebagainya. Selain itu, buatlah sebuah papan penanda yang mudah dilihat oleh calon pelanggan Anda di depan kantor. Akan lebih baik jika Anda sebagai start-up memilih lokasi yang mudah dijangkau seperti tepat dipinggir jalan raya. Meski cara ini terbilang kuno, cara ini masih sangat efektif untuk memasarkan produk / brand Anda.

4. Menggunakan kupon atau voucher diskon

Kupon atau voucher diskon untuk pelanggan masih merupakan strategi marketing yang masih sangat efektif. Anda dapat menggunakan kode voucher referral kepada pelanggan Anda untuk menambah jumlah pelanggan baru Anda. Berikan diskon kepada masing-masing pelanggan yang paling sering melakukan pembelian kepada Anda. Buatlah mereka kembali dengan membawa rekan/keluarga untuk melakukan pembelian. Dengan demikian Anda dapat memiliki target pelanggan baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagaimana menurut Anda? Mana strategi marketing jadul yang masih sangat efektif menurut Anda? Silakan tinggalkan komentar Anda dibawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com