Return to site

Strategi Menemukan Target Prospek Ideal Untuk B2B

Yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih prospek

· Tips Sales

Untuk semua bisnis baik bisnis kecil maupun enterprise sekalipun tentu harus memiliki strategi yang mumpuni untuk menjaring prospek. Salah satu strategi penting untuk meningkatkan penjualan ialah dengan mengenal profil dari target yang dicari. Bagaimana bisa Anda menjual jika Anda tidak mengenali target? Oleh karena itu, kami akan memberikan sedikit tips untuk Anda dalam menentukan profil prospek untuk nantinya dijadikan target penjualan Anda.

1. Mencari tahu perusahaan yang ideal menurut calon pelanggan

Sebelum Anda memilih target, mulailah dengan mencari tahu kriteria perusahaan yang diharapkan oleh prospek Anda tersebut seperti apa. Apakah prospek Anda lebih menyukai perusahaan besar atau sebaliknya. Dengan mengetahui hal ini Anda dapat memperkirakan rentang harga yang paling sesuai untuk menawarkan produk atau layanan yang Anda miliki.

2. Mencari tahu perusahaan target

Ketika Anda sudah memiliki target, kenali lebih jauh perusahaan yang menjadi target Anda. Mulai dari bidang yang dijalankan, nilai perusahaan, keuntungan yang didapatkan, lokasi dan lain sebagainya. Data-data target dapat Anda kumpulkan dari berita maupun dari social media prosfesional yang dapat Anda akses dengan mudah.

3. Mencari tahu dimana target melakukan pembelian dan bagaimana cara mereka melakukan pembelian

Setiap produk yang Anda jual pasti sudah memiliki pesaing, untuk itu cobalah untuk melakukan riset sederhana guna mencari tahu dimana target Anda melakukan pembelian sebelumnya, apa saja yang mereka beli dan bagaimana cara mereka melakukan pembelian. Apakah mereka cenderung suka melakukan pembelian dengan jumlah besar atau sebaliknya. Dengan cara ini Anda dapat memastikan bahwa target Anda ini memiliki kemampuan untuk membeli serta dapat menjaga kualitas prospek untuk bisnis Anda.

4. Mencari tahu siapa pemegang hak pengambilan keputusan

Anda sudah menemukan sosok target, sudah mempelajari perusahaannya dan juga telah mencari tahu cara mereka melakukan pembelian. Selanjutnya, Anda perlu mencari tahu siapa orang yang bertanggung jawab untuk mengambil keputusan dalam perusahaan. Apakah setiap pembelian harus ditentukan oleh CEO atau sudah diserahkan kepada manager departemen tertentu?

5. Mempelajari struktur perusahaan

Apabila Anda memiliki kesulitan untuk menemukan pengambil keputusan dalam perusahaan target, Anda dapat mempelajari struktur perusahaan. Dengan cara ini Anda dapat mendekati target mulai dari bawah hingga akhirnya dapat bertemu dengan pengambil keputusan. Selain itu, Anda dapat menggali informasi lebih jauh terkait masalah dan kebutuhan-kebutuhan dalam perusahaan.

Itulah strategi yang harus Anda lakukan untuk menemukan profil target ideal Anda. Ikuti terus blog kami untuk mendapatkan informasi lebih banyak lagi tentang sales, marketing dan CRM untuk meningkatkan penjualan Anda. Caranya, cukup dengan mendaftarkan email Anda pada kolom subscribes dibawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com