Return to site

4 Hal Penting Untuk Memiliki Tim Sales Yang Kuat

Bangun tim sales Anda dengan memperhatikan hal-hal berikut ini

· Tips Sales

Memiliki tim sales yang kuat tentu menjadi harapan semua perusahaan. Tetapi, untuk mewujudkan hal tersebut, perusahaan harus melakukan tindakan-tindakan yang jelas. Apa saja yang harus diperhatikan untuk membangun tim sales yang kuat? Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan!

1. Menjaga budaya perusahaan dengan orang-orang yang tepat

Menjaga budaya dalam perusahaan merupakan kewajiban apabila ingin memiliki tim sales yang kuat. Kami tidak menyebutkan bahwa skill dan pengalaman tidak penting, tetapi kami ingin mengatakan, ketika Anda ingin merekrut sales baru pastikan orang tersebut adalah yang dapat mengikuti budaya perusahaan. Jangan sampai budaya positif yang sudah ditanamkan oleh perusahaan rusak begitu saja karena ulah satu atau dua orang sales baru.

2. Membangun program pelatihan yang kuat

Membangun program pelatihan rutin yang kuat akan turut memperkuat kinerja tim sales Anda dalam berbagai hal. Semua sales membutuhkan feedback dari perusahaan agar mereka dapat bekerja dengan baik. Apabila Anda sebagai leader tidak dapat memberikan feedback secara mingguan, Anda dapat memberikan feedback secara bulanan atau caturwulan maupun secara kuartal.

Memberikan pembinaan penjualan atau proses pelatihan yang baik dapat membuat penjualan Anda mengalami peningkatan yang lebih cepat. Belum lagi keterampilan mereka pun secara perlahan akan menunjukkan peningkatan.

3. Membentuk kolaborasi tim yang positif

Kolaborasi antar tim merupakan tindakan yang harus benar-benar Anda prioritaskan. Jangan pernah menanamkan sifat individualis di dalam tubuh tim Anda karena hal tersebut tidak akan pernah bisa membawa kesuksesan. Semua tim sales yang Anda miliki memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ketika Anda mengkolaborasikan kelebihan dan kekurangan tim Anda, mereka akan saling menutupi dan dapat meningkatkan kinerja dalam tim maupun individual. Anda bisa membedakan gaji, bonus dan semua hal yang bersifat pribadi, tetapi jangan pernah Anda membedakan tim yang dimiliki.

4. Mempertahankan kinerja tim

Kurangnya akuntabilitas dapat merugikan tim sales Anda. Akuntabilitas yang kami maksud disini adalah bagaimana hasil kinerja tim sales Anda pada periode tertentu. Lebih terbuka tentang pencapaian keseluruhan dari kinerja tim akan membuat tim sales Anda lebih bersemangat. Sedangkan menyembunyikan hasil akan berimbas pada tindakan-tindakan yang mengikuti kemauan tim Anda sendiri sehingga mereka bekerja tanpa terorganisir.

Perusahaan harus memiliki metrik untuk melihat kinerja tim, tanpa metrik dan goal untuk melacak kinerja mereka Anda tidak akan bisa mempertahankan kinerja tim Anda. Banyak perusahaan yang melacak aktivitas tim sales dari jumlah panggilan yang dilakukan, waktu panggilan, jumlah peluang dan tentu aktivitas closing yang dicapai. CRM merupakan platform yang paling sering digunakan oleh perusahaan untuk melacak dan melihat aktivitas tim sales mereka. Karena dengan CRM mereka dapat melihat hasil kerja secara otomatis beserta laporan-laporannya.

Ilustrasi (c) Wikimedia CC

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK