Return to site

Cloud Based CRM Gratis vs Berbayar, Mana Yang Baik untuk Bisnis?

Perbedaan fitur CRM gratis dan berbayar

· CRM Di Indonesia,CRM

Memiliki tim yang sangat memahami pelanggan-pelanggannya merupakan kelebihan yang dapat Anda ciptakan sendiri. Dengan kelebihan tersebut, perusahaan dapat mengembangkan strategi tertarget untuk memusatkan pada kebutuhan pelanggan serta untuk menjaga kelangsungan hubungan bisnis Anda dengan pelanggan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

 

Untuk bisa mencapai keahlian tersebut, Anda harus bekerja lebih efisien dari yang awalnya memonitor dan mengontrol data pelanggan Anda dengan cara manual menjadi cara yang lebih efektif. Disinilah fungsi sistem CRM untuk membantu Anda memusatkan data agar dapat dikelola dengan efisien.

 

Seperti yang kita ketahui, kita sering menemukan layanan CRM berbayar dan CRM gratis yang dapat Anda temukan baik dari provider CRM Indonesia maupun luar negeri. Dari layanan tersebut, yang mana yang terbaik? Apakah layanan CRM gratis atau CRM berbayar? Berikut ulasannya untuk Anda.

 

Solusi CRM Gratis

Banyak yang berpikir bahwa open source CRM dengan CRM gratis itu sama. Tetapi, sebenarnya keduanya merupakan jenis yang berbeda. Open Source CRM merupakan sistem yang dapat Anda gunakan tanpa harus membayar, akan tetapi Anda harus mengembangkan CRM itu sendiri dengan merekrut tim developer, membeli infrastruktur dan lain sebagainya. Jadi, meskipun open source CRM itu gratis, Anda harus membayar gaji untuk tim pengembang perusahaan dan mengeluarkan biaya untuk infrastrukur.

 

Sedangkan layanan CRM gratis adalah layanan cloud based CRM siap pakai yang dapat Anda gunakan. Cukup dengan registrasi akun pada penyedia tersebut. Untuk layanan ini, Anda tidak dapat memilih paket-paket sesuai keinginan Anda.

 

Solusi CRM Berbayar/Berlangganan

CRM berbayar sudah cukup jelas dimana untuk mengaktifkan layanan yang diberikan oleh penyedia layanan CRM Anda cukup membayar kontrak dari paket CRM yang Anda pilih. Layanan Cloud Based CRM pun memberikan layanan custom yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

CRM Gratis atau CRM Berbayar?

Memilih CRM di awal implementasi sangat berpengaruh untuk Anda kedepannya. Ketika Anda memilih untuk menggunakan CRM gratis, memang akan bermanfaat bagi perusahaan/pelaku bisnis yang saat ini masih memiliki sedikit biaya. Tetapi, ketika bisnisnya terus berkembang, layanan ini pun harus segera ditinggalkan. Pelanggan CRM gratis akan cenderung mendapatkan layanan yang sangat terbatas biasanya maksimal 1-2 orang yang dapat mengakses. Selain itu, fitur yang ditawarkan pun akan lebih sedikit. Bahkan, untuk beberapa penyedia CRM gratis, mereka tidak dapat menerima komplain apapun dari pengguna. Yang artinya, ketika data yang Anda miliki tiba-tiba hilang, Anda tidak dapat berbuat apa-apa karena memang sudah tidak ada jaminan dari penyedia.

 

Sedangkan untuk CRM berbayar, Anda dapat dimanjakan dengan fitur-fitur yang lebih lengkap seperti akses tak terbatas untuk tim sales Anda, jumlah kontak yang bisa disimpan hingga ribuan atau bahkan ratusan ribu. Selain itu, jika Anda membutuhkan layanan lebih, Anda dapat meningkatkan layanan dengan cara custom sesuai kebutuhan Anda. Tak hanya itu saja, keamanan data juga lebih terjamin. Terlebih lagi bagi Anda yang memilih untuk menggunakan layanan Cloud Based CRM. Layanan backup data yang diberikan oleh penyedia memastikan keamanan data Anda ketika data utama mengalami kerusakan.

 

Bagi Anda yang menjalankan bisnis di Indonesia, sesuai dengan peraturan pemerintah untuk memilih penyedia layanan yang memiliki pusat data (data center) di Indonesia. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan CRM di Indonesia, pastikan bahwa provider Anda merupakan provider yang telah memiliki data center di Indonesia. Selain masalah keamanan data, pemilihan provider Indonesia akan memudahkan Anda ketika terdapat masalah yang tidak diharapkan terutama yang berkaitan dengan hukum.

 

Bagaimana, apakah Anda tetap memilih CRM gratis atau Cloud Based CRM berbayar?

Ilustrasi (c) Unsplash.com