Return to site

Strategi Menjaga Keberhasilan Penjualan Disaat Pasar Sedang Lesu

Pasar lesu, tapi tidak dengan Anda

· Tips Sales

Tetap menjaga tingkat keberhasilan penjualan di tengah kondisi pasar yang sedang lesu merupakan tantangan besar yang harus dihadapi oleh salesperson. Terlebih lagi ketika orientasi penjualan yang menjadi fokus utama dari salesperson tersebut adalah untuk mendapatkan pelanggan baru. Tidak dapat dipungkiri, banyak salesperson yang mengalami kegagalan dalam mencapai penjualan ketika kondisi pasar sedang mengalami penurunan.

Keuletan salesperson itu sendiri dan kerjasama tim merupakan kunci utama dalam menghadapi tantangan seperti ini. Memperbaiki komunikasi internal antara tim sales dan sales leader dalam menciptakan strategi-strategi yang baik dan selalu siap dengan rencana-rencana cadangan harus dilakukan untuk memperbaiki penjualan.

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus dilakukan oleh salesperson dan leader guna memperbaiki penjualan ditengah kondisi pasar yang sedang lesu atau mengalami penurunan.

1. Memperbaiki cara untuk mendapatkan pelanggan

Strategi pertama dan merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh sales dan leader adalah memperbaiki cara mereka untuk mendapatkan pelanggan. Memperketat pemilihan lead adalah langkah paling tepat yang bisa dilakukan oleh salesperson untuk menghemat waktu mereka agar bisa menjaga produktivitasnya dalam bekerja. Apabila salesperson hanya memperhatikan jumlah, bukan kualitas dari prospek, mereka akan tetap mengalami kesulitan dalam menjual dan berpotensi gagal dalam mencapai target penjualan.

2. Memperbaiki rasio tingkat keberhasilan

Lihat kembali data-data riwayat penjualan yang sudah berhasil Anda dapatkan sebelumnya. Lakukan analisa data dari hasil penjualan untuk memperbaiki rasio tingkat keberhasilan Anda ditengah kondisi pasar yang sedang tidak baik. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencapai hal ini adalah dengan selektif dalam menawarkan produk, memberikan nilai yang lebih unik pada produk dan yang terpentng adalah solusi yang tepat untuk prospek-prospek Anda. Semakin sesuai solusi yang Anda tawarkan kepada prospek, tentu akan lebih mudah bagi mereka dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.

3. Meningkatkan retensi pembelian dari pelanggan lama

Ketika Anda menghadapi kondisi pasar yang sedang lemah, cobalah untuk mulai memikirkan strategi untuk mencapai penjualan yang lebih baik dari pelanggan-pelanggan lama. Selain dapat memperbaiki penjualan Anda, proses yang diperlukan untuk meningkatkan penjualan dari pelanggan lama cenderung lebih cepat.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan tingkat keberhasilan penjualan ketika Anda menghadapi kondisi pasar yang sedang lesu dari kami. Maksimalkan strategi Anda dengan implementasi Customer Relationship Management (CRM). Jika saat ini Anda belum mengimplementasikan CRM, mulailah dari sekarang. Karena, implementasi saat ini akan membantu Anda lebih mudah dalam menganalisa riwayat penjualan, strategi dan juga untuk mengkategorikan prospek-prospek yang didapatkan. Jika Anda ingin bertanya kepada kami tentang CRM, Anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak atau dengan mengirimkan email ke hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com