Return to site

Ingin Menjadi Sales Hebat? Ini Yang Harus Anda Kuasai!

Jangan menyerah untuk menjadi sales hebat

· Tips Sales

Untuk menjadi salesperson yang sukses, Anda harus bisa menjadi sales yang selalu bisa mengembangkan teknik dan keterampilan penjualan. Jika teknik dan keterampilan yang Anda miliki tidak dikembangkan, sedangkan pasar selalu mengalami perubahan, maka Anda akan sulit untuk bisa menjual produk dengan baik. Selain itu, menjadi sales hebat mengharuskan Anda untuk terus meningkatkan semua sisi dari dalam diri Anda. Jika Anda ingin menjadi sales yang seperti yang kami sebutkan, berikut adalah beberapa hal yang harus bisa Anda kuasai.

1. Meningkatkan kredibilitas dan nilai

Kredibilitas Anda sebagai salesperson dipertaruhkan untuk mendapatkan penjualan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjadi sales yang dapat mencapai kesuksesan dengan meningkatkan kredibilitas Anda. Selain kredibilitas, Anda juga harus meningkatkan nilai dari dalam diri Anda, nilai perusahaan, nilai produk dan hal-hal lain yang dapat menjadi pendukung kesuksesan penjualan Anda.

2. Menguasai teknik penjualan konsultatif

Salesperson memang membutuhkan penjualan, tetapi bukan berarti ia harus menjadi orang yang selalu menawarkan produk setiap saat kepada prospek. Selalu menawarkan produk kepada prospek hanya akan membuat mereka jenuh. Oleh karena itu, ubah cara Anda dalam menawarkan produk dengan cara menjadi salesperson yang dapat menjadi sosok sebagai tempat bagi prospek untuk berkonsultasi. Untuk menguasai poin ini, Anda dapat membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul “Penerapan Penjualan Konsultatif Pada Pelanggan”.

3. Mampu dipercaya oleh pengambil keputusan

Kredibilitas Anda pada prospek biasa belum tentu dapat diterapkan jika Anda bertemu dengan prospek yang membutuhkan beberapa orang pengambil keputusan. Oleh karena itu, kembangkan kemampuan sales Anda dengan menarik kepercayaan dari para pengambil keputusan. Khususnya jika basis bisnis Anda adalah perusahaan B2B.

4. Mampu menangani situasi negatif dengan baik

Kita tahu, salesperson akan menghadapi banyak situasi negatif disekitarnya. Jadwal dengan prospek yang tiba-tiba dibatalkan, ditunda dan lain sebagainya. Bahkan, salesperson pun juga dapat bertemu dengan prospek yang memandangnya sebelah mata. Jangan pernah membalas situasi negatif tersebut dengan sikap negatif. Sebalikya, Anda harus bisa menguasai situasi tersebut dan menjadi sales yang lebih siap membalasnya dengan hal positif.

5. Meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang ada

Jangan hanya menggantungkan diri untuk mendapatkan pelanggan baru dan melupakan pelanggan-pelanggan lama yang dimiliki. Belajar meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada adalah awal yang baik bagi salesperson yang serius untuk menjadi sales hebat. Karena, sales hebat adalah sales yang dapat membuat pelanggan-pelanggannya mendapat pelayanan yang baik dan merasa diperhatikan oleh perusahaan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com