Return to site

Taktik Untuk Follow Up Pelanggan Lama & Prospek Melalui Email

Memulai topik untuk keperluan followup prospek

· Tips Sales

Kebingungan untuk follow up pelanggan-pelanggan lama yang Anda miliki agar mereka sadar bahwa ada Anda untuk keperluan bisnis mereka? Tetap tenang, di sini kami akan memberikan trik-trik yang dapat Anda pilih untuk mem-follow up pelanggan-pelanggan lama dan prospek Anda.

1. Tawarkan bantuan

Jika Anda belum memiliki topik untuk menghubungi prospek, cobalah untuk mengirimkan pesan kepada pelanggan atau prospek yang Anda miliki yang berisikan tawaran untuk memberikan bantuan kepada mereka. Dengan cara ini, pelanggan atau prospek yang memiliki masalah tentu akan dengan senang hati membalas email yang Anda kirimkan tersebut.

2. Kirimkan email survei

Coba temukan pelanggan-pelanggan yang sudah cukup lama tidak menghubungi Anda. Dari semua daftar yang Anda dapatkan, pilihlah pelanggan-pelanggan yang sesuai dengan kriteria untuk menerima survei yang akan Anda lakukan. Fokuskan survei untuk mendapatkan respon dari pelanggan yang sudah lama terlebih dahulu, hal ini bertujuan untuk membawa pelanggan ini agar terhubung kembali dengan perusahaan dengan harapan akan kembali menanyakan produk Anda di akhir survei.

3. Menanyakan kesan terhadap produk (khusus pelanggan)

Untuk mengetahui bagaimana kesan pelanggan terhadap produk, tentu Anda harus bertanya kepada mereka. Jadikan hal ini sebagai salah satu bagian dari rencana follow up dan juga sebagai sarana untuk mengetahui tingkat kepuasan dari pelanggan-pelanggan yang Anda miliki.

4. Meminta feedback

Bentuk follow up lainnya yang dapat Anda jadikan topik adalah dengan meminta feedback dari pelanggan-pelanggan yang Anda miliki. Berbeda dengan meminta kesan, feedback di sini bertujuan untuk mengetahui kesan secara menyeluruh, baik tentang layanan sales, layanan perusahaan, produk dan lain sebagainya.

5. Ucapan terima kasih

Setelah beberapa hari pasca respon-respon yang diberikan oleh pelanggan/prospek, kirimkan email terima kasih kepada mereka. Pastikan Anda tetap memberikan penawaran lain pada email terima kasih ini dengan dilengkapi CTA yang jelas pada email.

Nah itulah tips untuk memulai follow-up atau menghubungi kembali prospek/pelanggan yang Anda miliki agar lebih sadar terhadap kehadiran Anda. Semoga tips ini membantu menyelesaikan masalah Anda yang merasa bingung harus memulai dari mana untuk memfollow up prospek.

Ilustrasi (c) pxhere.com / Attr: rawpixel.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK