Return to site

Tips Sales B2B: 3 Strategi Untuk Mendapatkan Pelanggan

Menemukan strategi penjualan efektif untuk perusahaan B2B

· Tips Sales

Tingkat kompetisi, perubahan pola pelanggan serta perekonomian yang tidak menentu menjadi alasan utama mengapa bisnis yang menyasar pelanggan bisnis (B2B) mengalami kesulitan penjualan atau untuk mendapatkan pelanggan. Salesperson harus bekerja keras untuk bisa memecahkan masalah yang dihadapi ini. Namun, kerja keras saja tidak cukup untuk membantu salesperson mencapai hasil yang maksimal. Diperlukan formula strategi yang tepat agar kerja keras tim sales terbayarkan dengan penjualan-penjualan yang baik.

Guna memecahkan masalah terkait penjualan untuk tim sales B2B, berikut adalah 3 strategi yang dapat Anda masukkan dalam daftar strategi yang sudah Anda implementasikan:

1. Arahkan prospek Anda untuk mempercepat proses dalam mengambil keputusan

Setiap prospek memiliki nilai-nilai pertimbangan sendiri sebelum melakukan pembelian. Terlebih lagi untuk perusahaan yang memiliki beberapa pengambil keputusan pembelian. Oleh karena itu, penting bagi salesperson untuk mengarahkan prospek-prospek yang didapatkan agar mengambil keputusan secepat mungkin. Langkah yang dapat diambil untuk mencapai hal ini adalah:

  • Menciptakan nilai produk
  • Keuntungan yang akan didapatkan oleh prospek
  • Solusi yang Anda tawarkan
  • Menciptakan urgensi

2. Jadikan tim sales sebagai brand ambassador produk Anda

Brand ambassador merupakan sosok yang memudahkan prospek untuk percaya terhadap produk/layanan. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada prospek sebelum mereka mengambil keputusan. Contoh, seorang artis yang menjadi brand ambassador suatu produk, dapat meningkatkan nilai dari produk/merek yang digunakan. Hal ini juga sama, ketika tim sales Anda menjadi brand ambassador untuk produk yang mereka tawarkan. Jika prospek sudah menilai positif salesperson tersebut dari awal, tentu penjualan akan lebih mudah tercapai dibandingkan dengan salesperson yang tidak bisa membawa kepercayaan bagi prospek.

3. Tim sales dan tim marketing harus memiliki tujuan yang sama

Untuk bisa memompa kinerja penjualan B2B, tim sales dan tim marketing harus menyamakan target yang harus mereka capai. Sebagai contoh, ketika tim sales sedang berusaha meningkatkan target penjualan untuk pelanggan-pelanggan lama, tim marketing justru berusaha untuk menarik pelanggan-pelanggan baru. Ketika hal ini terjadi tidak ada dukungan antar dua departemen ini untuk mencapai hasil penjualan yang baik. Seharusnya, tim marketing juga menargetkan pelanggan-pelanggan lama agar mereka melakukan pembelian ulang seperti yang diharapkan oleh tim sales.

Ilustrasi (c) Pxhere.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK