Return to site

Temukan Target Market Anda Dengan Cara Ini!

Target yang tepat kunci keberhasilan penjualan Anda!

· Tips Sales

Menemukan target pasar yang tepat bagi salesperson bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Karena, setiap usaha yang ia lakukan harus disertai beberapa uji coba dan riset pasar. Terlepas dari perusahaan yang sudah memiliki aplikasi CRM yang dapat menentukan target pasar lebih tepat, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk memperbarui pasar Anda.

 

1. Mempromosikan bisnis dengan bekerja sama dengan perusahaan lain.

Bekerjasama dengan perusahaan lain memang bukanlah cara baru yang diterapkan oleh perusahaan. Namun, bagi Anda yang belum memiliki aplikasi CRM, dapat memanfaatkan cara ini untuk mencari target baru bagi perusahaan. Bekerjasama dengan perusahaan lain sebagai langkah awal untuk perusahaan dan salesperson untuk mengumpulkan lebih banyak data tentang segmen pelanggan-pelanggan mereka.

 

Jangan terlalu berambisi untuk langsung mendapatkan pelanggan yang berlimpah dari hasil kerjasama ini. Fokus utama saat ini adalah untuk mengetahui segmen pelanggan yang tepat bagi perusahaan. Jika Anda berharap ini dapat memberikan pelanggan dan keuntungan secara instan, maka Anda salah mengenai hal tersebut. Langkah ini adalah proses, bukan eksekusi untuk mendapatkan keuntungan. Jadikan proses kerjasama ini untuk mengenal pelanggan sebelum mengeluarkan penawaran kepada mereka.

 

2. Jangkau pelanggan dengan membuat pesan pada waktu yang tepat

Membuat pesan pada waktu yang tepat merupakan langkah yang optimal bagi Anda yang menerapkan email marketing. Namun, bagi Anda yang tidak memanfaatkan langkah ini dapat menerapkan dengan cara membuat konten di social media.

 

Sekarang kita sering menemukan konten yang seakan-akan isinya membantu pelanggan, tetapi di akhir kiriman mereka menawarkan produk. Cara seperti itulah yang dapat Anda terapkan untuk menjalankan langkah ini. Simpan data pengunjung yang memberikan respon terhadap produk, kemudian terus ikuti pola pengunjung tersebut. Sehingga Anda dapat membuat strategi penawaran produk yang tepat sesuai keinginan pengunjung berdasarkan data yang sudah Anda buat sebelumnya.

 

3. Mengembangkan komunitas dan dapatkan feedback sebanyak mungkin

Komunitas offline maupun online merupakan aset yang sangat berharga untuk menemukan target pasar yang tepat untuk bisnis Anda. Oleh karena itu, bangunlah komunitas, kemudian mintalah feedback dari komunitas untuk mencari tahu produk seperti apa yang mereka inginkan dan solusi yang mereka harapkan. Dengan demikian Anda dapat memperkirakan pasar seperti apa yang nantinya dapat Anda pusatkan untuk menjadi target selanjutnya.

 

Meskipun 3 cara yang telah kami sebutkan ini dapat membantu Anda untuk menemukan target pasar yang tepat tanpa CRM. Kelemahannya jika Anda melewatkan adalah tidak maksimalnya potensi dari uji coba ini. Karena, ada kemungkinan bagi Anda untuk melewatkan titik-titik penting dari data yang Anda miliki sebelumnya. Entah itu karena hilang atau kesulitan untuk melakukan demografi.

 

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari langkah ini, implementasikanlah aplikasi CRM untuk bisnis Anda. Karena dengan implementasi CRM, Anda dapat memaksimalkan langkah dengan lebih efisien dan mempercepat proses pengolahan data-data Anda.

 

Dapatkan informasi lebih lengkap tentang bagaimana CRM membantu Anda dalam mengembangkan data perusahaan serta untuk otomasi demografi pelanggan dengan mengirimkan email ke hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com