Return to site

Tetap Terhubung Dengan Pelanggan Untuk Memperbaiki Bisnis Pasca PSBB

· Tips Sales,CRM Di Indonesia,Covid-19

Tetap menjaga diri untuk tetap terhubung dengan pelanggan adalah upaya yang sangat baik bagi perusahaan dalam menghadapi kondisi pasar dan sosial saat ini. Pasalnya, dengan adanya PSBB dan juga Physical Distancing yang diterapkan ditengah-tengah masyarakat dan bisnis, maka salesperson dan tim marketing mengalami kesulitan untuk melakukan penawaran dan meeting secara face to face. Maka dari itu, Anda dan tim harus mencari solusi agar tetap terhubung dengan pelanggan dengan cara yang lebih efektif ditengah kondisi pandemi COVID-19 yang masih belum sepenuhnya hilang dari kehidupan kita. Berikut adalah beberapa tips bagi Anda agar tetap terhubung dengan pelanggan.

1. Memahami masalah pelanggan adalah masalah berbeda antara satu dengan yang lainnya

Masalah yang dihadapi oleh pelanggan satu dengan pelanggan lainnya meskipun memiliki kesamaan, tetapi ada kondisi yang membedakan hal tersebut. Maka dari itu, ketika pelanggan menghubungi Anda, layani pelanggan Anda dengan baik dan semaksimal mungkin. Hindari anggapan bahwa setiap pelanggan memiliki masalah yang serupa dan perlu penanganan yang sama satu dengan yang lainnya. Karena ini dapat menjadikan pelanggan merasa tidak nyaman dan membuat Anda kesulitan untuk terhubung dengan pelanggan.

2. Menerima setiap respon dengan baik sekalipun dapat respon negatif

Jika Anda mendapatkan respon negatif dari pelanggan, jangan menganggap bahwa pelanggan Anda tidak menyukai Anda. Jangan jadikan respon negatif ini sebagai cara untuk menjauhi pelanggan karena takut mendapatkan respon negatif lagi. Sebaliknya, perbaiki respon negatif ini agar Anda mendapatkan respon sebaliknya dan mendapatkan kepercayaan yang lebih baik dari pelanggan.

3. Jadikan pelanggan sebagai tujuan Anda

Jangan hanya mencari uang dari pelanggan Anda, tetapi Anda tidak pernah memperhatikan mereka sebagai bagian penting untuk masa depan dan kelangsungan bisnis Anda. Jadikanlah pelanggan sebagai tujuan Anda dalam menjalankan bisnis. Dengan demikian Anda akan selalu berusaha dalam memperbaiki hubungan dan kualitas layanan bagi mereka agar pelanggan selalu merasa puas setiap kali berbisnis dengan Anda.

4. Berikan waktu untuk bertemu dengan pelanggan meskipun secara virtual

Ketika pelanggan Anda mengalami masalah, tentu Anda ingin bertemu dengan pelanggan-pelanggan Anda dan berbicara secara tatap muka dengan mereka. Dikarenakan kondisi saat ini masih belum memungkinkan untuk melakukan hal tersebut, maka Anda perlu mengubah usaha Anda dengan melakukan pertemuan secara virtual. Jika memang harus berkunjung ke kantor pelanggan, maka Anda harus bertanya peraturan mereka dalam melakukan protokol kesehatan di lingkungan kantornya.

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan agar usaha Anda untuk menjaga hubungan dengan pelanggan lebih efektif di tengah masa pandemi COVID-19 dan New Normal dari kami. Semoga tips ini bermanfaat dan membantu Anda. Maksimalkan usaha Anda tersebut dengan implementasi CRM sebagai bagian dari strategi Anda. Hubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com kami akan degan senang hati memberikan penjelasan yang lebih detail bagaimana software kami membantu Anda menjaga hubungan dengan pelanggan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com