Return to site

Tingkatkan Proses Penjualan Anda Dengan Fokus & Persiapan

Fokus pada prospek dan bisnis yang dijalankan oleh prospek

· Tips Sales

Setiap sales tentu ingin menicptakan proses penjualan yang cepat agar target penjualan yang ditentukan oleh perusahaan segera berhasil dicapai. Kebanyakan dari salesperson membutuhkan waktu hingga beberapa bulan untuk bisa mencapai penjualan yang tinggi. Akan tetapi dengan fokus dan persiapan yang tepat, kendala penjualan yang dialami dapat diatasi dengan cepat. Apa saja yang harus dilakukan?

1. Identifikasi prospek yang paling menjanjikan

Jangan buang waktu Anda untuk melayani seorang prospek yang tidak memiliki peluang besar dalam penjualan. Tetapi, yang harus Anda fokuskan adalah prospek-prospek yang memiliki potensi untuk melakukan pembelian. Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi prospek potensial? Yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan akses kepada prospek yang memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dan bagaimana cara Anda menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

2. Persiapkan pendekatan Anda

Ketika Anda sudah mendapatkan prospek yang memiliki potensi untuk melakukan pembelian, Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa apa yang Anda tawarkan adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan prospek Anda saat ini maupun di masa yang akan datang. Hal ini bertujuan untuk menjaga hubungan bisnis jangka panjang untuk perusahaan Anda sendiri.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa pendekatan yang Anda lakukan adalah cara yang paling baik untuk prospek. Buatlah kesan yang baik di pertemuan pertama kali. Karena, kesan pertama sangat menentukan bagaimana prospek Anda nanti akan menilai atau mempercayakan kebutuhannya kepada Anda.

3. Riset prospek Anda

Sebelum Anda melakukan pertemuan pertama dengan prospek, Anda harus mencari tahu siapa prospek Anda. Lakukan riset sederhana untuk mengetahui profil prospek Anda dan juga untuk menggali informasi tentang bisnis yang prospek Anda jalankan. Ketika Anda memahami profil bisnis dan prospek Anda, Anda dapat fokus dengan bagaimana cara Anda menarik minat pelanggan dan bagaimana cara Anda bekerjasama untuk waktu yang panjang dengan prospek Anda tersebut.

4. Pusatkan data prospek Anda

Untuk memiliki persiapan yang baik dan juga untuk bisa fokus pada prospek potensial, hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana cara Anda memusatkan data prospek yang dimiliki pada satu tempat yang mudah Anda akses. Anda dapat menggunakan buku catatan, spreadsheet atau dengan menggunakan aplikasi CRM.

Itulah cara untuk meningkatkan proses penjualan dengan fokus dan persiapan yang baik. Apakah Anda memiliki tips lain? Silakan tinggalkan komentar Anda!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK