Return to site

Tips Cold Calling Dari 'Sales Expert'

Menjalankan cold calling ditengah maraknya digital communication lain

· Tips Sales

Cold Calling sudah tidak efektif atau Anda melakukannya dengan cara yang salah? Jika Anda ingin memanfaatkan cold calling sebagai bagian dari marketing Anda, maka manfaatkan potensinya dengan mengikuti beberapa tips yang kami rangkum dari beberapa expert berikut ini.

1. Tetap pada rencana

Sales representatif (reps), selalu meningkatkan penjualan dengan berdasarkan pada aspek proses penjualan secara strategis. Ketika sales reps mencari pelanggan, ia tidak akan bisa mencapainya tanpa merencanakan sesuatu. Sama halnya dalam cold calling, Anda juga harus terus berada pada rencana Anda. Seperti apa saja yang harus diperbincangkan, berapa lama durasi telepon, kapan topik utama dibahas dan lain sebagainya.

Jika Anda tidak memiliki rencana, kapan Anda bisa membuat kesepakatan?

2. Menjadi lebih dekat

Salah satu masalah terbesar dalam cold calling adalah saat sales reps tidak mencoba untuk menjadi orang yang dekat dengan prospeknya. Tanpa adanya kedekatan, Anda tidak akan bisa mendapatkan informasi rinci dari prospek. Ia akan tertutup dan kemungkinan deal hanya sebatas angan-angan saja.

Hindari situasi seperti ini dengan mencoba mendekat dan terus terhubung dengan prospek. Sebelum melakukan panggilan, ada baiknya Anda meminta izin ketika melakukan panggilan terakhir. Dengan demikian prospek sudah siap untuk menerima telepon Anda.

3. Menjaga hubungan secara personal

Jika Anda ingin memiliki pelanggan yang dapat melakukan pembelian dalam waktu yang cepat, maka Anda harus terhubung secara personal dengan mereka. Ketika Anda dan prospek dapat terhubung, kepercayaan akan meningkat. Semakin memahami siapa Anda akan memudahkan Anda untuk melakukan panggilan.

4. Biarkan prospek berbicara

Jadikan kesempatan panggilan Anda sebagai tempat mereka berbagi. Biarkan mereka berbicara banyak tentang masalah dan kebutuhan mereka. Kurangi intensitas bicara Anda, jadilah pendengar yang baik untuk prospek. Ikuti cerita mereka dan berikan solusi diakhir cerita mereka. Dengan demikian Anda pun dapat memilih produk yang tepat dan apa yang harus dihindari agar prospek tersebut menjadi pelanggan yang dapat meningkatkan pembeliannya pada kesempatan selanjutnya.

Itulah 4 tips cold calling dari sales expert yang dapat kami berikan utnuk Anda, mana yang sudah Anda pernah praktikkan? Silakan tinggalkan komentar Anda untuk berbagi pengalaman dengan kami.

Ilustrasi (c) Unsplash.com