Return to site

Passion Untuk Menjual Dalam Diri Salesperson

Menjadikan pekerjaan sebagai passion bagi salesperson

· Tips Sales

Ada banyak orang yang merasa tidak nyaman saat mereka menjual produk/layanan. Bahkan saat ia tidak bekerja sebagai seorang sales, ia akan malas dalam menawarkan produk. Alasan utama rasa tidak nyaman yang muncul dalam dirinya adalah karena apa yang ia lakukan tidak sesuai dengan pemikiran mereka. Bagi seorang sales, menjual bukan hanya soal tugas saja, tetapi harus benar-benar memiliki gairah atau passion dari dalam dirinya.

 

Passion adalah sikap saat Anda melakukan tindakan terhadap suatu aktivitas berdasarkan minat dan memiliki gairah yang sangat tinggi untuk melakukan aktivitas tersebut. Passion tidak ada hubungannya dengan orang lain. Bahkan jika apa yang Anda sebut passion adalah dari orang lain, maka itu bukanlah hal yang menjadi hasrat dalam diri Anda sendiri. Aktivitas tersebut disebut meniru gaya orang lain atau hanya ikut-ikutan.

 

Begitu juga saat menjual produk, jika Anda menjual hanya karena manager dan perusahaan, berarti Anda hanya menjalankan tugas. Tetapi dalam menjalankan tugas biasanya akan disertai dengan rasa malas. Banyak hal yang membuat salesperson mengeluh dan mundur dari perjuangan karena mereka berpikir hanya bekerja untuk orang lain. Sehingga, ketika ia berhadapan dengan situasi negatif seperti penjualan tak terjadi, membuang waktu dengan prospek yang batal melakukan pembelian dan lain sebagainya, salesperson ini akan malas untuk bekerja.

 

Lain halnya jika salesperson menjadikan berjualan sebagai passion untuk dirinya, maka ia akan terus bersemangat dalam bekerja. Ketika ia menghadapi tantangan, ia akan lebih bergairah untuk bekerja. Ketika ia tidak bisa menjual produk, ia akan memikirkan cara baru untuk berjualan. Salesperson yang bekerja dengan passion akan selalu memberikan waktu yang terbaik dalam proses penjualan. Ia tidak akan membiarkan ada waktu kosong untuk tidak berjualan.

 

Seorang pengusaha akan selalu menjadikan berjualan sebagai bagian dari hidupnya, ia akan terus meningkatkan keterampilan dan strategi untuk bisa menjual. Dimana pun ia berada, ia akan selalu menjual, menjual dan menjual. Karena dalam hidupnya yang ada adalah keluarga dan menjual.

 

Oleh karena itu, jika Anda ingin sukses dalam menjadi sales, maka Anda harus menjadikan menjual sebagai passion Anda. Jangan jadikan pekerjaan Anda sebagai beban karena itu tidak akan membantu Anda dalam menjual.

Ilustrasi (c) Unsplash.com