Return to site

Tips Komunikasi Yang Dapat Mengkonversi Prospek Menjadi Pelanggan

Trik komunikasi jitu dengan prospek

· Tips Sales

Terkadang seorang sales representatif yang memiliki pendekatan dengan baik tetap menghadapi masalah saat berkomunikasi untuk mencapai penjualan. Jika Anda mengalami kejadian seperti ini, bukan berarti Anda tidak dapat membukukan penjualan. Dengan memperbaiki komunikasi dengan benar, Anda yang sudah mengawali dengan pendekatan positif, akan lebih mudah untuk mengkonversi prospek menjadi pelanggan. Berikut beberapa tispnya untuk Anda.

1. Berbicaralah seperlunya dan di waktu yang tepat

Terkadang seorang prospek membutuhkan beberapa kali komunikasi untuk mengambil keputusan. Oleh karena itu, penting untuk memoles komunikasi Anda dengan prospek. Ibaratnya, ketika Anda pergi ke restoran berbeda, Anda duduk dan memesan soto, Anda pasti menemukan rasa yang paling tepat dengan lidah Anda dari salah satu restoran dibandingkan dengan soto dari restoran lainnya.

Ingat, sebelum ada kata “tidak” dari prospek, itu artinya ada kesempatan untuk Anda menaikkan level prospek menjadi peluang penjualan untuk perusahaan. Yang perlu Anda lakukan adalah berbicara seperlunya tetapi tetap memperhatikan waktu yang tepat.

2. Mengajukan beberapa pertanyaan yang membawa pada penjualan

Untuk mengkonversi seorang prospek menjadi pelanggan, Anda juga perlu melakukan beberapa trik dalam komunikasi. Salah satunya adalah trik untuk membawa percakapan yang mengarah pada penjualan. Karena, pertanyaan ini sangat penting untuk menjaga komunikasi tetap hidup. Usahakan untuk membuat pertanyaan yang mendapatkan jawaban lebih panjang dan mengarah pada pemecahan solusi yang Anda tawarkan kepada prospek.

3. Memberikan visualisasi solusi

Prospek tidak semuanya selalu mendengarkan penjelasan-penjelasan Anda terkait solusi yang Anda miliki. Oleh karena itu, Anda juga perlu memvisualisasikan solusi-solusi yang dapat Anda berikan kepada prospek. Visualisasi ini dapat berupa gambar maupun video. Dengan cara ini, selain meningkatkan gairah prospek mengikuti proses, Anda pun berhasil menambah kepercayaan mereka melalui visualisasi yang telah Anda berikan.

Itulah beberapa tips untuk mempermudah jalan Anda untuk mengubah prospek menjadi pelanggan dengan memaksimalkan potensi keberhasilan dari komunikasi. Apabila Anda ingin menambahkan poin-poin penting lainnya, silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com