Return to site

Artificial Intelligence (AI) Untuk Sales

Tak perlu takut pada AI

· News

Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang hadir untuk memberikan kemudahan untuk semua kalangan manusia, tidak terkecuali. Bahkan teknologi ini pun dapat diimplementasikan untuk membantu salesperson. Kehadiran teknologi AI ini dianggap akan membuat pekerjaan manusia akan tergantikan olehnya. Padahal, AI tidak akan bisa menjalankan tugas-tugas selayaknya manusia. Yang artinya, AI membutuhkan manusia untuk mengeksekusi hasil pengolahan data yang didapatkan.

Dalam dunia sales, data tersebut dapat berupa data-data pelanggan, riwayat pelanggan serta data-data lain yang berawal dari perusahaan sendiri. Seperti data strategi marketing maupun strategi penjualan. Salesperson tidak seharusnya mengkhawatirkan kehadiran teknologi AI akan menggeser posisinya dalam bekerja. Sebaliknya, salesperson seharusnya lebih senang dengan kehadiran teknologi ini, karena akan sangat membantu salesperson bekerja lebih baik.

Berikut adalah beberapa manfaat-manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan maupun salesperson yang mendapat bantuan AI dalam menjalankan pekerjaannya.

1. Pengolahan kompleksitas data yang lebih besar

Landasan utama dalam program AI adalah untuk pengolahan data yang lebih mudah. AI dapat memprediksi penjualan dengan baik apabila perusahaan menggabungkan data dalam satu tempat seperti pada sebuah platform CRM. Semakin tinggi kompleksitas data bukan berarti AI dapat mengolah data tersebut dengan baik. Tetapi, bagaimana kualitas data itu sendiri yang akan membantu AI mengolah data dan menghasilkan prediksi yang lebih akurat untuk sales.

Dalam penjualan, AI akan memberikan peran besar bagi perusahaan dan tim sales dengan melihat volume dan kualitas data yang disimpan. Ketika perusahaan menyimpan data tidak berkualitas pada CRM, AI pun juga hanya akan memberikan dampak kecil. Artinya, AI akan bekerja maksimal apabila ada peran dari perusahaan maupun tim untuk memperbaiki kualitas data yang dimiliki. Jika perusahaan menganggap AI dapat melakukannya sendiri, maka perusahaan tidak akan pernah mendapatkan manfaat dari implementasi AI untuk penjualan.

2. Rekomendasi tindakan yang harus dilakukan

AI dilengkapi dengan teknologi analisa prediktif yang akan bermanfaat untuk membantu tim sales mengambil tindakan untuk prospek maupun pelanggan. Salah satu fungsi ini juga dimiliki oleh platform CRM, hanya saja, untuk kapasitas data yang lebih besar, perusahaan perlu menjadikan AI sebagai alat yang tepat untuk memaksimalkan hasil prediksi yang lebih akurat.

3. Meningkatkan produktifitas tim sales

Karena pengolahan data sudah dilakukan oleh sistem AI dan juga dukungan dari platform CRM. Tim sales dapat lebih fokus pada pengembangan prospek. Artinya, tim sales dapat bekerja lebih cepat karena mereka tidak perlu lagi mengolah data secara manual. Salesperson hanya perlu fokus untuk menemukan prospek yang berkualitas dan memperbaiki kualitas data yang akan mereka masukkan pada sistem.

Ilustrasi (c) Unsplash.com