Return to site

Tips Leader: Cara Meningkatkan Moral Tim Sales

Kembalikan moral dan motivasi tim Anda sekarang juga!

· Leadership

Anda memiliki tim sales yang saat ini moralnya sedang mengalami penurunan? Coba terapkan beberapa tips berikut ini untuk memperbaiki produktivitasnya dalam bekerja.

1. Berikan tim Anda waktu untuk beristirahat

Lelah menjadi salah satu alasan yang menyebabkan tim Anda mengalami penurunan atas kinerjanya. Selain masalah penjualan yang tak bisa dicapai, kehilangan energi juga menjadi penyebab bagi mereka tidak dapat bekerja maksimal. Jika Anda merasa waktu meeting dari anggota tim yang sedang ada meeting dengan prospek sudah selesai, cobalah untuk menghubungi mereka melalui telepon. Meskipun ia masih memiliki jadwal untuk meeting dengan prospek lain, tawarkan ia waktu untuk istirahat jika waktu untuk meeting selanjutnya masih memiliki jeda waktu yang cukup.

Dengan cara ini, selain Anda berhasil meningkatkan produktivitas tim, Anda juga dapat meningkatkan moral mereka dalam bekerja. Mengapa dapat meingkatkan moral? Perhatian Anda kepada anggota tim memiliki peran penting untuk moral mereka saat bekerja.

2. Fokuskan diri Anda pada tim, lupakan sejenak pelanggan-pelanggan Anda

Ketika Anda melihat tim bekerja tidak maksimal, cobalah untuk dekatkan diri Anda dengan tim sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah yang mereka hadapi. Tanyakan pada mereka kendala apa yang dihadapi sehingga mengakibatkan mereka tidak dapat bekerja dengan maksimal. Kumpulkan tim Anda tanpa menanyakan pelayanan mereka terhadap pelanggan. Jadikan tujuan utama meeting yang Anda lakukan saat ini adalah untuk membantu tim bukan membantu pelanggan atau pun untuk memikirkan strategi penjualan.

3. Memprioritaskan untuk memberikan pelatihan dan praktik

Jika tim Anda mengalami kesalahan-kesalahan dalam menjalankan tugasnya, ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk terjun bersama mereka. Jangan biarkan mereka melakukan kesalahan serupa di masa yang akan datang. Bawa mereka untuk belajar dengan memberikan pelatihan serta dampingi mereka saat melakukan pendekatan dengan prospek sebagai bentuk praktik penjualan. Beri ulasan atas hasil kerjanya, mulailah untuk memberi tahu mereka jika ada hal-hal yang kurang tepat yang ia lakukan.

Itulah tips untuk meningkatkan moral tim salaes yang dapat kami berikan kepada Anda, semoga tips ini dapat membantu Anda untuk menyelesaikan moral tim yang sedang mengalami penurunan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com