Return to site

Tips Leader: Tingkatkan Moral Tim Yang Melemah Dengan Cara Ini!

Bawa tim Anda untuk bisa bekerja lebih bersemangat!

· Leadership

Moral adalah segalanya untuk seluruh tim dalam perusahaan Anda. Tim akan bekerja dengan baik apabila moral mereka baik selayaknya mereka mampu membukukan penjualan setiap hari. Ketika moral tim Anda lemah, maka mereka tidak akan mempedulikan pertumbuhan bisnis perusahaan dan cenderung malas untuk bekerja.

Kenyamanan dalam bekerja terkadang menjadi salah satu bagian terpenting bagi tim yang dapat meningkatkan moral kerjanya. Apabila perusahaan memiliki tim sales yang memiliki moral kerja yang menurun, tentu akan menjadi kerugian yang sangat besar bagi perusahaan. Meskipun mudah mencari orang lain sebagai pengganti, belum tentu kandidat baru tersebut dapat bekerja dengan baik selayaknya sales yang saat ini moralnya mengalami penurunan.

Untuk Anda yang tidak ingin memiliki tim dengan moral rendah, berikut adalah beberapa tips dari kami.

1. Siapkan program rewards untuk tim Anda

Jangan hanya memberikan rewards kepada pelanggan-pelanggan loyal yang didapatkan oleh tim sales Anda. Tetapi Anda melupakan tim yang telah membawa mereka untuk perusahaan. Ketika Anda melihat tim kesulitan untuk mendapatkan penjualan, cobalah untuk membuat program rewards sederhana untuk tim agar mereka lebih termotivasi dalam bekerja.

2. Berikan waktu lebih banyak untuk tim Anda

Kami tahu bahwa sebagai seorang leader Anda memiliki kesibukan yang sangat padat. Tetapi, jangan menjadikan alasan kesibukan untuk tidak mempedulikan tim Anda yang sedang mengalami masalah. Sesibuk apa pun kondisi Anda saat ini, luangkanlah waktu untuk tim Anda. Karena, dengan menjaga komunikasi yang baik dengan tim yang mengalami kesulitan akan membuat mereka lebih percaya diri untuk mengerjakan tugas selanjutnya. Kepedulian Anda pada tim juga akan berdampak pada peningkatan kemampuan tim sales yang juga dapat berpengaruh pada tingkat keberhasilan Anda sebagai seorang leader.

3. Memudahkan pekerjaan tim

Kesibukan tim sales membuat mereka tidak memiliki banyak waktu untuk membuat laporan di kantor. Permudahlah pekerjaan mereka dengan menggunakan aplikasi CRM berbasis cloud. Dengan aplikasi CRM, tim Anda dapat mengirimkan laporan setiap saat setelah mereka menyelesaikan pekerjaannya. Ketika pekerjaan yang ia kerjakan lebih mudah, moral tim Anda pun akan tetap terjaga dalam keadaan positif.

Kesimpulan:

Performa tim yang menurun karena perubahan pasar dapat mempengaruhi moral tim dalam bekerja yang juga berakibat pada semakin sulitnya bagi tim Anda untuk menciptakan penjualan-penjualan baru. Lebih peduli pada tim yang sedang berada pada masa-masa sulit akan membantu mereka menjadi tim yang lebih siap menghadapi semua tantangan di lapangan dan meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk tetap bekerja maksimal disaat mengalami kesulitan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK