Return to site

 Tips Marketing: Tren Digital Marketing 2019

Mengikuti perkembangan digital marketing 2019

· Digital Marketing

Bagaimana perjalanan strategi digital merketing yang Anda jalankan selama tahun 2018 lalu? Apakah Anda puas dengan hasil yang didapat? Jika Anda sudah cukup puas dengan hasilnya, tentu tahun 2019 ini menjadi awal yang baik untuk mengembangkan strategi pemasaran melalui media digital ini dengan maksimal memanfaatkan tren yang terjadi pada 2018 lalu. Berikut adalah beberapa tren digital marketing yang masih bisa Anda maksimalkan untuk mendapatkan hasil pemasaran yang lebih baik pada tahun 2019 ini.

1. Video marketing

Video merupakan layanan digital yang menjadi primadona baru untuk semua kalangan baik itu kalangan pelanggan bawah maupun VIP sekalipun. Hal ini dibuktikan dengan semakin menjamurnya layanan-layanan yang memberikan fitur video untuk pengguna internet di seluruh dunia. Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak membuat video yang obyektif. Anda tetap harus melakukan riset dan analisa sebelum menjalankan strategi video marketing ini. Riset dan analisa akan menuntun Anda untuk membuat konten video yang menarik dan sesuai dengan selera calon pelanggan/target pelanggan Anda.

2. Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR)

AI sudah menjadi salah satu teknologi favorit perusahaan untuk memasarkan produk. Bagian-bagian dari teknologi AI ini sudah dirasakan dalam menganalisa, personalisasi dan hal-hal lain untuk meningkatkan pengalaman pelanggan menjadi lebih baik. Tak hanya untuk kepentingan pengolahan data, AI juga sudah merambah pada platform chatbot untuk memudahkan pelanggan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diterima oleh perusahaan.

Sama halnya dengan AI, teknologi AR juga menjadi salah satu media marketing yang baik untuk perusahaan Anda. Jika Anda masih ingat salah satu permainan fenomenal PokemonGo, tentu Anda akan memahami betul apa saja yang harus dilakukan untuk memasarkan bisnis Anda melalui AR ini. Secara sederhana, untuk mendapatkan monster idaman pengguna game ini, ia harus datang ke tempat bisnis Anda.

Selain contoh tersebut, berikut adalah beberapa hal yang didapatkan dari strategi AR:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Story telling
  • Meningkatkan pengalaman pelanggan
  • Mempromosikan produk melalui strategi gamefikasi
  • Membangun keterlibatan pelanggan dan menjangkau konsumen melalui AR

3. Data-Driven marketing

Pemasaran yang efektif bergantung pada bagaimana perusahaan memanfaatkan data untuk menjalankan strategi untuk menjangkau pelanggan-pelanggannya. Strategi pemasaran berbasis data ini akan membawa Anda untuk mempelejari audiens, meningkatkan taktik dan strategi serta strategi kampanye yang efektif bagi perusahaan Anda di masa depan.

4. Story pada media sosial

Seperti yang kita ketahui, saat ini media sosial seperti Facebook dan Instagram telah memberikan fitur stories untuk para penggunanya. Fitur ini cukup efektif untuk menghadirkan kiriman yang dilakukan oleh perusahaan pada halaman para penggunanya. Tak hanya mengirimkan pada halaman pengguna secara eksklusif, pemberitahuan dengan adanya story baru dari perusahaan Anda ini akan menarik perhatian pelanggan untuk membuka kiriman.

Dari ke-4 tren digital marketing yang dapat Anda aplikasikan pada tahun 2019 ini, strategi mana yang menurut Anda sesuai untuk kebutuhan perusahaan? Dan mengapa Anda memilih metode tersebut? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Pixabay.com