Return to site

Tips Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Efisiensi meningkatkan produktivitas

· Tips Bisnis

Memiliki bisnis yang berjalan dengan lebih efisien tentu menjadi harapan semua pelaku bisnis. Bisnis yang efesien tentu akan berujung pada tim yang produktif. Sedangkan produktivitas akan menambah tingkat hasil yang didapatkan oleh tim yang bekerja untuk Anda. Seperti, proses yang lebih sederhana, proses yang lebih cepat hingga peningkatan penjualan.

Lalu bagaimana cara meningkatkan efisiensi dalam bisnis? Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan!

1. Kurangi waktu lembur tim, fokuskan tim sesuai kemampuan maupun dengan potensi yang ia miliki

Semakin sering memberikan waktu lembur kepada tim bukanlah solusi untuk meningkatkan kinerja tim. Tetapi, solusi yang terbaik untuk meningkatkan produktivitas tim adalah dengan mengurangi jam lembur. Memang, jam lebur memberikan motivasi lebih pada tim untuk mendapatkan penghasilan tambahan baginya. Tetapi, pengeluaran perusahaan bisa saja tidak seimbang dengan hasil lembur yang sudah dijalani oleh tim.

Solusi yang paling tepat untuk mempercepat kinerja tim Anda adalah dengan mengurangi pekerjaan yang berlipat untuk tim. Biarkan tim Anda fokus pada satu pekerjaan, kemudian berikan tenggat waktu untuk mengerjakannya. Jika Anda memberikan tugas beragam dan mengharuskan tim untuk menyelesaikan dalam waktu yang hampir bersamaan, tentu pekerjaan tim Anda jauh dari kata produktif.

2. Kurangi waktu tim yang tidak produktif

Menulis laporan, perjalanan tim sales dari prospek 1 ke prospek 2 dan lain sebagainya merupakan contoh aktivitas yang dapat mengurangi produktivitas tim. Kurangi waktu-waktu tersebut agar tim Anda dapat bekerja lebih maksimal. Membuat laporan dengan sistem yang dapat diakses kapan pun adalah solusi untuk meningkatkan produktivitas tim Anda dalam bekerja.

3. Implementasi CRM

Jika laporan merupakan salah satu aktivitas yang dapat menyita banyak waktu bagi tim, dengan aplikasi CRM berbasis cloud Anda dapat mengatasinya dengan melaporkan setiap proses secara real-time. Jika tim menunggu persetujuan dari sales leader dan pengiriman quotation pada prospek harus menunggu persetujuan secara manual, dengan CRM, sales leader dapat memberikan persetujuan saat itu juga dengan bukti atau tanda tangan digital. Pengolahan data yang awalanya dilakukan secara manual, dengan CRM dapat dilakukan secara otomatis dengan bantuan program yang terdapat pada aplikasi.

4. Pelatihan untuk tim

Jangan hanya meminta tim untuk bekerja dengan efektif, tetapi Anda tidak dapat memberikan contoh bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan oleh tim. Berikanlah tim Anda pelatihan-pelatihan secara bertahap untuk mengajarkan kepada tim agar dapat bekerja dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Sehingga ia dapat menemukan strategi yang tepat untuk meningkatkan produktivitasnya secara pribadi.

Ilustrasi (c) Pexels.com