Return to site

Tips Meningkatkan Penjualan Bagi Pemilik Bisnis Kecil (UKM)

Tips untuk memperbaiki penjualan UKM

· Tips Sales

Sebagai pemilik bisnis kecil yang tengah membutuhkan pertumbuhan penjualan, tentu Anda ingin mendapatkan masukan-masukan penting dari orang-orang sekitar agar dapat membantu Anda mencari strategi yang tepat untuk penjualan. Karena, penjualan merupakan bagian yang sangat krusial untuk perusahaan yang berharap tumbuh dan mampu bertahan di tengah kondisi pasar seperti apa pun.

Apabila Anda belum menemukan orang yang tepat untuk memahami apa saja yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis kecil untuk meningkatkan penjualan, artikel ini mungkin akan membantu Anda.

1. Selalu siap menjadi pendengar

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan, mendengarkan merupakan cara terbaik yang dapat Anda lakukan. Tak hanya mendengar dari orang-orang sekitar maupun influencer saja, Anda juga harus siap untuk menjadi pendengar bagi prospek dan pelanggan. Bahkan mendengarkan pelanggan dan prospek jauh lebih efektif untuk menemukan masalah pelanggan dan juga untuk menciptakan hubungan dengan baik.

2. Biarkan passion Anda yang menentukan, jangan terpedaya apa kata orang

Memiliki bisnis yang baru dijalankan tentu akan mengundang pembicaraan orang-orang di sekitar Anda. Oleh karena itu, Anda harus lebih fokus untuk mempercayai passion dibandingkan apa kata orang. Tetap tawarkan produk Anda meskipun ada banyak cacian dan gunjingan dari orang lain. Selama produk yang Anda jual tidak mengganggu kehidupan lingkungan sekitar, kenapa harus takut?

3. Menambah jaringan bisnis

Jangan merasa puas jika Anda sudah memiliki jaringan bisnis yang cukup besar. Karena jaringan bisnis yang besar saat ini, bisa saja beberapa tahun kedepan akan mengalami penurunan. Tetap berusaha mengembangkan jaringan offline dan online agar Anda lebih mudah dalam menawarkan produk nantinya.

4. Ketahui nilai dan keunikan pada produk Anda

Produk akan lebih menarik minat pelanggan apabila Anda mampu menciptakan keunikan tersendiri bagi pelanggan. Oleh karena itu, temukan apa yang akan membuat produk Anda lebih unik. Jika belum ada, buatlah keunikan tersebut.

Jadi, siapkah Anda sekarang untuk menjadi pemilik bisnis kecil yang berani menjual? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Pxhere.com