Return to site

Cara Kualifikasi Lead Melalui Panggilan Telepon

Kenali kualitas prospek sejak telepon pertama kali

· Tips Sales

Mengkualifikasi lead melalui telepon tentu bukanlah hal yang mudah dan sepele. Salesperson yang melakukan hal ini harus sadar dan paham alur topik yang akan dilakukan selama panggilan berlangsung. Bagaimanapun juga, telepon yang Anda lakukan adalah untuk urusan bisnis dan membawa nama baik Anda sendiri serta perusahaan. Jika Anda salah dalam menjalankan strategi ini, jangankan mampu mengkualifikasi pelanggan, menerima telepon dari Anda pun akan sulit diterima oleh prospek.

Lalu, apa saja yang harus Anda siapkan untuk kualifikasi lead melalui telepon?

1. Posisikan diri Anda sebagai orang yang mencari lead bukan untuk segera membeli

Karena tujuan utama Anda adalah untuk kualifikasi, maka buang jauh-jauh pembahasan untuk menjual produk. Fokuskan diri Anda untuk mengetahui apakah lawan bicara Anda saat ini memiliki masalah yang dapat Anda selesaikan atau tidak.

2. Ketahui darimana prospek Anda datang

Jika telepon yang dilakukan dimulai oleh prospek, Anda dapat bertanya darimana ia mengetahui perusahaan Anda. Apakah dari rekomendasi teman atau dari iklan. Hal ini perlu dilakukan untuk Anda jadikan data tamabahan untuk marketing di masa depan.

3. Mereview semua pembicaraan yang sudah dilakukan

Setelah berbicara dalam beberapa menit, prospek pun sudah mulai menceritakan masalah yang ia hadapi dan produk seperti apa yang mereka inginkan, Anda dapat mengulas semua untuk Anda jadikan bahan guna memastikan tidak ada informasi yang salah pada data Anda.

4. Bertanya solusi yang ingin didapatkan

Jika pada poin #3 Anda tidak mendapatkan informasi terkait solusi yang diharapkan oleh prospek, maka Anda harus menambahkan satu waktu untuk menanyakan solusi seperti apa yang diinginkan. Selanjutnya, tawarkan solusi Anda dan pastikan itu sesuai dengan apa yang diharapkan oleh prospek.

5. Kenali urgensi pelanggan

Coba tanyakan kepada prospek Anda pada kesempatan yang sama, kapan prospek harus mendapatkan solusi tersebut. Dengan mengenali urgensi dari prospek, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk mengambil langkah selanjutnya yakni penjualan.

6. Ambil keputusan terakhir, apakah Anda akan melanjutkan proses atau memilih untuk mengeliminasi lead

Setelah Anda mendapatkan semua informasi dari prospek selama panggilan berlangsung, tutup pembicaran Anda dengan mengambil keputusan terakhir. Apakah Anda akan memilih untuk mengakhiri proses atau akan melanjutkan dengan meeting. Semua tergantung pada Anda, karena tujuan utama adalah untuk mengkualifikasi lead sebelum Anda benar-benar menawarkan produk dan solusi.

Itulah beberapa cara untuk mengkualifikasi lead melalui layanan telepon yang dapat kami berikan. Jika ada hal lain yang ingin Anda tambahkan, silakan tambahkan komentar Anda di bawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com