Return to site

Tips Untuk Mengelola Tim Sales Agar Produktif

Miliki tim yang siap menghadapi semua tantangan penjualan

· Leadership

Mengelola tim sales yang produktif merupakan tugas utama dari sales leader. Tetapi, jangan sampai keinginan untuk memiliki sales yang produktif justru menjadi hal yang mengerikan untuk tim Anda. Dimana, Anda terlalu mengekang mereka dan membuatnya merasa tidak dapat bekerja dengan bebas. Ketika hal ini terjadi, alih-alih ingin memiliki tim produktif justru akan semakin merusak motivasinya dalam bekerja dengan Anda.

Lalu, apa yang seharusnya dilakukan oleh sales leader untuk mengelola tim sales lebih baik?

1. Biarkan mereka mengerjakan tugas sesuai kretivitas dan imajinasinya

Jangan menjadikan ide-ide Anda sebagai ide utama yang harus digunakan oleh tim sales dalam bekerja. Tetapi, jadikan ide Anda sebagai nilai tambah untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi mereka dalam menawarkan produk kepada pelanggan/prospek. Karena, ada saat dimana ide dari tim sales jauh lebih cemerlang dibandingkan dengan ide yang Anda berikan. Anda pun harus mengakui hal tersebut dapat dimiliki oleh tim.

2. Fokuskan tim Anda untuk menangani sesuai dengan kemampuannya

Tim yang Anda miliki saat ini, tentu memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Untuk itu, fokuskan penempatan mereka sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Sebagai contoh, tim yang memiliki komunikasi tingkat atas harus Anda tempatkan sebagai sales yang menangani negosiasi tahap akhir menuju closing. Sedangkan untuk tim sales yang belum memiliki kemampuan komunikasi yang baik, Anda dapat menempatkan sales ini di belakang sales yang mampu berkomunikasi sebagai bagian untuk belajar meningkatkan kemampuannya.

3. Mengelola tim dengan teknologi

Jangan pernah menutup diri untuk menggunakan teknologi bagi tim sales yang Anda asuh. Teknologi sales merupakan salah satu alat yang dapat mendorong produktivitas tim Anda. Jika Anda selalu enggan menerapkan teknologi sales untuk tim, sedangkan kompetitor sudah lama mengimlementasikan teknologi sales, jangan harap tim Anda dapat lebih kompetitif dibandingkan sales dari kompetitor.

4. Jaga komunikasi dengan tim

Sebagai leader, tentu Anda harus berani menjaga komunikasi dengan tim agar lebih memahami apa saja yang menjadi masalah utama yang mereka hadapi selama ini. Jika Anda tidak pernah memperhatikan tim dan enggan berinteraksi, tim Anda pun akan lebih tertutup dan memilih untuk tidak menceritakan masalah yang mereka hadapi di lapangan.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan produktivitas tim sales yang Anda miliki saat ini. Ingat, tim sales yang produktif merupakan buah dari kesiapan Anda dalam mengelola dengan benar. Siapkah Anda mengubah cara dalam mengelola tim sales dengan menerapkan tips dari kami? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly