Return to site

Tips Meningkatkan Produktivitas Tim Sales

Bagaimana cara meningkatkan kinerja tim sales Anda

· Tips Sales,Tips Bisnis,Marketing
Tips Meningkatkan Produktivitas Tim Sales

Meningkatkan efisiensi dan produktivitas penjualan adalah top problem bagi semua perusahaan. Jika perusahaan melakukan langkah yang salah dalam melakukan marketing maka masalah tersebut tidak akan pernah bisa diselesaikan. Marketing dan Sales adalah merupakan satu kesatuan yang harus bisa bekerja sama dalam tim. Jika Anda tidak dapat bekerja sama dengan tim Anda, kapan perusahaan bisa mencapai penjualan yang optimal?

 

Jika Anda dan tim sudah bisa bekerja sama, tapi penjualan masih belum juga memuaskan, maka Anda harus memfokuskan pada prduktivitas tim Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk fokus pada produktivitas penjualan.

 

1. Menyiapkan atau mengatur target dan goal

Apa goal tim Anda selama kuartal pertama, kedua, ketiga dan keempat tahun ini? Jika tim Anda masih belum memiliki target dan goal yang ingin diraih bagaimana produktivitas tim Anda bisa meningkat? Dengan menyiapkan target dan goal penjualan, maka tim Sales dan Marketing Anda akan lebih fokus untuk mencapai hasil penjualan.

 

2. Memiliki planning

Memiliki target dan goal yang sudah dicanangkan tapi tidak memiliki rencana dengan matang, maka Anda menghadapi masalah kritis untuk bisa mencapai produktivitas. Selama 5 hari kerja, Anda dapat menggunakan setidaknya 4 jam per hari untuk menjalankan rencana Anda. Jika Anda merasa bosan, berikan waktu pada tim Anda untuk beristirahat untuk bisa kembali menjalankan rencana dengan baik setelah mengambil waktu menenangkan pikiran.

 

3. Fokus

Sales yang sukses adalah sales yang memiliki perbedaan signifikan dengan sales biasa. Hal ini terjadi karena sales yang sukses mampu fokus dalam menjalankan misinya. Selain itu, mereka juga fokus pada calon pembeli potensial, pelanggan yang sudah ada, referal dan lain sebagainya yang akan membawa peluang kedepannya. Sales tipe ini kebanyakan adalah sales yang mampu menjaga hubungan baik dengan pelanggan baik dengan cara tradisional maupun menjaga hubungan dengan pelanggan menggunakan CRM.

 

4. Belajar

Produktivitas tim juga akan mengalami peningkatan apabila tim Anda mau belajar ketika menghadapi situasi apapun. Apa yang Anda lakukan kemarin dan mencapai kesuksesan mungkin masih bisa diterapkan lagi pada hari ini. Namun, apakah cara tersebut akan berlaku juga di hari esok? Belajar dari kondisi seperti ini akan meningkatkan produktivitas tim Anda, sehingga mereka siap menghadapi kondisi apapun saat menawarkan produk.

 

5. Follow up

Keuntungan akan hilang ketika Anda lupa tidak memfolow up calon pelanggan atau acuh dengan potensi dari calon pelanggan Anda. Calon pelanggan yang tidak membeli produk Anda hari ini, mungkin sedang menunggu waktu yang tepat untuk membeli produk Anda. Memfollowup mereka di kemudian hari akan membuka peluang baru untuk membukukan penjualan. Jika Anda tidak ingin lupa dalam memfollow up, Anda dapat memanfaatkan CRM untuk mengingatkan Anda jadwal follow up selanjutnya.

 

Kesimpulannya adalah ketika Anda ingin meningkatkan produktivitas tim dan penjualan, maka Anda harus bisa fokus dan tetap terhubung dengan calon pelanggan Anda. Anda memiliki tips lain untuk meningkatkan produktivitas tim sales? Silakan tinggalkan komentar Anda dibawah ini.

Ilustrasi (c) Pixabay.com