Return to site

Aplikasi Mobile CRM Untuk Perusahaan dan Manfaatnya?

Aplikasi CRM Mobile dan manfaatnya untuk perusahaan

· CRM Di Indonesia,CRM,Benefits of CRM
Apa Manfaat Mobile CRM Untuk Perusahaan?

Sebelum Anda memilih CRM Solution untuk perusahaan Anda, kami akan membahas sedikit tentang manfaat tertentu yang harus Anda dapatkan dari CRM itu sendiri. Dalam kesempatan kali ini, kami tidak akan membahas tentang manfaat dari CRM, namun kami akan membahas pentingnya optimalisasi CRM yang bisa diakses dengan smartphone atau yang lebih dikenal dengan Mobile CRM untuk Anda.

Setelah Anda menetapkan kebutuhan untuk menggunakan CRM, Anda juga harus bisa memastikan bahwa penyedia CRM tersebut memiliki fitur Mobile CRM. Fitur Mobile CRM ini, biasanya sudah bisa diakses dengan mudah melalui smartphone atau tablet dengan OS apa pun. Tersedianya Mobile CRM ini bukan hanya untuk akses lebih mudah, Mobile CRM juga dapat meringankan biaya operasional perusahaan.

Mengapa Mobile CRM meringankan biaya operasional perusahaan?

Pertanyaan ini memiliki jawaban yang cukup jelas yakni easy use, anytime, anywhere. Bayangkan jika perusahaan harus menyetting CRM hanya melalui laptop/PC, berapa besar biaya pengeluaran yang akan dikeluarkan oleh perusahaan? Pasti sangat besar bukan. Lain halnya jika bisa diakses dengan smartphone, tim sales Anda pasti sudah memiliki smartphone, mereka bisa memasang CRM perusahaan di smartphone mereka masing-masing. Atau, jika perusahaan berkenan menyediakan smartphone sendiri, bisa memanfaatkan smartphone lokal dengan harga murah tapi memiliki performa cukup baik dan bisa mengoperasikan Mobile CRM.

Pada dasarnya, ada dua jenis Mobile CRM yang dapat diaplikasikan melalui smartphone:

1. Mobile CRM berbasis Web

Mobile CRM berbasis web ini adalah CRM yang tidak membutuhkan pemasangan pada perangkat, pengguna cukup membuka browser yang support pada software. Cara kerja dari CRM berbasis web ini pun sebenarnya tidak jauh beda dengan back-end admin page website. Dimana Anda harus terkoneksi internet untuk dapat mengakses data yang ada didalamnya.

2. Mobile CRM berbasis Client-Server

Mobile CRM berbasis Client-Server ini adalah merupakan CRM yang diharuskan memasang aplikasi pada device. Mobile CRM versi ini juga memiliki fitur yang lebih kompleks. Memang, fitur tergantung provider CRM yang Anda pilih, akan tetapi, fitur CRM yang dihubungkan dengan fitur yang ada pada device akan lebih memudahkan Anda dalam menjalankan tugas. Sebagai contoh, reminder meeting dengan calon pelanggan yang akan ditampilkan pada notifikasi smartphone. Reminder ini pun akan terhubung dengan kalender smartphone. Sehingga ketika ada jadwal pada kalender, Anda akan mendapatkan notifikasi tanpa harus membuka aplikasi.

Itulah alasan mengapa Anda harus memilih CRM Solution yang tersedia dalam aplikasi mobile. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan CRM, coba perhatikan fitur-fitur lain yang Anda dapatkan agar produktivitas tim sales Anda lebih meningkat. Ingin berbagi pengalaman dengan kami terkait CRM, Anda dapat menghubungi kami di hi@sales1crm.com atau update tips marketing dan sales dengan berlangganan blog kami. Caranya daftarkan email Anda pada kolom subscribe dibawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK