Return to site

Keahlian Yang Harus Dimiliki Sales Untuk Menunjang Penjualan

Apa yang harus dimiliki oleh Salesman untuk meningkatkan penjualan

· Tips Sales,Marketing,Business Blog
Keahlian Yang Harus Dimiliki Sales Untuk Menunjang Penjualan

Melakukan penjualan dan pemasaran tidak hanya memerlukan strategi tapi juga membutuhkan keahlian. Memiliki strategi yang bagus, tetapi tidak memiliki keahlian untuk mengeksekusi, maka strategi tersebut hanya sebatas strategi saja. Sedangkan memiliki keahlian tapi tidak memiliki strategi, maka penjualan juga akan sulit tercapai.

Pada artikel kali ini, kami tidak akan membahas tentang strategi melakukan penjualan. Tapi, kami akan membahas tentang skill bagaimana melakukan penjualan. Berikut adalah skill-skill yang harus dimiliki oleh sales:

1. Kemampuan riset prospek

Untuk melakukan penjualan, Anda setidaknya harus memiliki keahlian dalam melakukan riset calon pelanggan yang prospek. Ini tidak hanya melihat dari sisi pelanggan saja, tapi juga prospek terhadap perusahaan maupun prospek yang dimiliki oleh kompetitor. Keahlian ini mungkin tidak didapatkan secara alami, tapi Anda mampu menumbuhkan keahlian ini dengan cara berlatih atau belajar dari ahli sales. Kemudahan dalam meriset prospek juga bisa dengan menggunakan CRM.

2. Kemampuan merencanakan pertemuan

Hampir semua orang memiliki kemampuan ini, hanya saja, banyak dari mereka yang tidak dapat melaksanakan rencana pertemuan dengan pelanggan dengan baik. Ada pula sosok yang sudah memiliki jadwal dengan pelanggan namun tidak dapat ditepati, sehingga pelanggan tersebut melepas rencana awal yang sebenarnya sudah mendekati closing. Penyebab utamanya adalah karena tidak terlaksananya pertemuan dengan baik, yang dapat diartikan bahwa salesman tersebut tidak serius dalam menawarkan produk.

3. Kemampuan mempresentasikan solusi

Dalam hal ini, yang dipresentasikan bukan hanya produk untuk mereka saja. Tapi, presentasi solusi yang akan mereka terima adalah sebuah keharusan. Jika calon pelanggan Anda memiliki keyakinan bahwa apa yang Anda tawarkan benar-benar akan memberikan solusi untuk bisnis atau kebutuhan mereka, maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan penolakan, mereka akan memilih Anda dengan sendirinya.

4. Kemampuan membicarakan komitmen

Setelah berhasil membawa pelanggan, Anda harus mencari tahu komitmen antara Anda dengan pelanggan. Jangan hanya meminta komitmen kepada pelanggan untuk menggunakan produk Anda, tapi juga komitmen perusahaan untuk memberikan layanan dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik dari awal sampai seterusnya. Jika Anda tidak membicarakan komitmen dengan pelanggan, maka Anda juga tidak bisa mengembangkan potensi lain dari pelanggan Anda. Untuk itu, keahlian dalam membuat komitmen dan menepati komitmen adalah hal yang mendasar ketika penjualan sudah tercapai. Karena dengan komitmen yang baik, bukan tidak mungkin pelanggan akan memberikan rekomendasi kepada orang sekitarnya untuk memilih Anda sebagai mitra.

5. Kemampuan dalam membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Sebagai bagian dari target jarak dekat mungkin adalah saat Anda berhasil melakukan penjualan dengan pelanggan. Tapi, bagaimana dengan jangka panjangnya? Kebanyakan sales tidak mau tahu dengan jangka panjang pelanggan, yang sering mereka pikirkan adalah bagaimana membukukan penjualan secepat mungkin. Pikiran tersebut harus di ubah, Anda harus bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan untuk target jangka panjang perusahaan dan masa depan Anda sendiri.

Untuk hal-hal lain yang perlu diperhatikan, Anda dapat membaca artikel kami sebelumnya yakni karakter salesman dan pengaruhnya terhadap penjualan yang masih berkaitan dengan keahlian sales ini. Jika Anda ingin menambahkan hal-lain dalam artikel ini, Anda dapat mengirimkan email ke hi@sales1crm.com. Anda juga dapat berdiskusi dengan pembaca lain dnegan mengirimkan komentar dibawah ini.

Ilustrasi (c) Flickr.com/highwayagency

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK