Return to site

Strategi Digital Marketing Yang Komprehensif dan Efektif

Bagaimana membangun strategi digital marketing yang efektif

· Marketing,Digital Marketing,Business Blog

Pemasaran melalui internet atau digital marketing tidak semudah kita melakukan promosi melalui offline. Sejenak kita membayangkan, mungkin saat kita berada pada sebuah kompleks perumahan, bisnis yang kita jalankan bisa kita promosikan cukup didepan rumah atau kantor dengan persaingan sekitar yang lebih rendah. Sedangkan melalui online, tingkat kompetisi lebih ketat, karena kompetitor bisa muncul dari berbagai penjuru.

Tidak semua pelaku bisnis sukses dengan upaya digital marketing yang mereka jalankan. Bahkan, mereka sampai menggelontorkan banyak biaya untuk mengiklankan perusahaan atau produk diberbagai media seperti blog, website, forum, social media dan lain sebagainya. Sayangnya, langkah tersebut adalah merupakan langkah yang tidak seharusnya dicontoh oleh pelaku bisnis terutama bisnis kecil yang tentu memiliki biaya iklan lebih kecil. Untuk itu, sangat diperlukan strategi digital marketing yang lebih komprehensif untuk mencapai hasil maksimal.

Bagaimana cara menjalankan digital marketing yang komprehensif dan mengoptimalkan penjualan?

Jika Anda memiliki sebuah website, hal pertama yang dilakukan adalah dengan menargetkan SEO, jika Anda tidak memiliki website dan hanya mengandalkan social media, maka Anda hanya perlu mencari dimana forum atau social media yang sesuai dengan produk yang Anda miliki. Tujuannya adalah untuk menjaring audiens tertarget sesuai dengan apa yang Anda tawarkan. Dari sini Anda dapat memperhatikan bagaimana calon pelanggan bisa mengingat nama perusahaan atau merek/produk yang Anda promosikan.

Setelah mereka mengenal apa yang Anda tawarkan, tugas Anda selanjutnya adalah mengkonversi mereka menjadi pembeli. Ketika Anda berhasil menjadikan mereka sebagai pelanggan/pembeli, langkah yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat survei untuk mengetahui darimana mereka mengetahui perusahaan atau merek/produk Anda.

Dalam survei tersebut, biarkan mereka mengisi data diri seperti nama, email dan darimana mereka mengetahui iklan Anda. Dengan survei singkat tersebut, Anda dapat merencanakan strategi digital marketing yang lebih komprehensif kedepannya.

Dengan implementasi digital marketing yang tepat, maka Anda dapat memilih target pelanggan yang lebih potensial pula. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjalankan diital marketing yang bisa terus Anda dalami. Hanya saja, untuk memiliki strategi yang tepat, Anda perlu mengikuti proses, karena hasil dari digital marketing terkadang memakan waktu yang cukup panjang.

Utamakan melakukan digital marketing berdasarkan skor tertinggi dari hasil survei, jika memang belum meyakinkan, Anda dapat melakukan survei ulang dikemudian hari. Simpan data lama Anda untuk bahan tambahan data Anda di survei selanjutnya.

Itulah bagaimana caranya agar strategi digital marketing Anda lebih komprehensif dan efektif. Anda juga dapat membaca artikel kami untuk menganalisa data melalui link ini. Ingin mendapatkan tips-tips lainnya silakan subscribes atau hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Pexels.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK