Return to site

Tips Penjualan Menghadapi Krisis Tak Terduga, Lakukan 4 Hal Ini!

· Business Blog,Tips Sales

Ketika ada krisis atau ketika terjadi kesalahan, profesional penjualan harus siap beradaptasi, merespons kejadian ini dengan cepat dan tepat. Namun, sebagian besar bisnis mengakui adanya ancaman tetapi tidak siap untuk mengatasinya jika hal itu menjadi kenyataan. Dengan kata lain, ada celah antara kesadaran akan ancaman serta persiapan untuk benar-benar menanganinya dengan baik. Faktanya, banyak perusahaan yang mengatakan mereka tidak memiliki pedoman untuk kemungkinan skenario krisis. Maka dari itu, Anda memerlukan rencana yang menyediakan kerangka kerja untuk membantu Anda beradaptasi, meredakan ketidakpastian dan mendorong kepercayaan diri agar bisnis Anda dapat terus bertahan ketika terjadi krisis. Berikut adalah empat kiat untuk menangani berbagai macam kondisi krisis, termasuk krisis yang disebabkan oleh wabah seperti yang terjadi baru-baru ini yakni COVID-19:

1. Nilai diri Anda dan mempersiapkan semua situasi

Hampir setiap orang sekarang bekerja dari jarak jauh, tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan yang terprogram untuk melakukannya dengan sukses. Mengingat kecenderungan alami seseorang adalah dengan berkumpul dan besosialisasi secara langsung, maka dengan kurangnya interaksi langsung karena berubah pada metode virtual saat bekerja ini dapat mempengaruhi hasil penjualan. Mengevaluasi dan mengakui kekuatan serta kelemahan akan membantu memandu keputusan Anda tentang penyesuaian apa yang perlu Anda lakukan agar dapat beradaptasi secara efektif dengan lingkungan penjualan digital.

2. Identifikasi KPI yang mengarahkan sasaran jangka pendek dan mendorong tindakan

Terlepas dari situasi saat ini, Anda masih seorang sales profesional yang memiliki target untuk mencapai target bulanan, kuartal maupun target tahun ini, yang berarti Anda perlu memprioritaskan waktu Anda dan fokus pada kegiatan penjualan. KPI Ini adalah indikator yang baik untuk dilacak, tetapi Anda harus melangkah lebih jauh dan melihat kualitasnya, bukan hanya kuantitas.

3. Optimalkan pesan email Anda

Email masih merupakan saluran yang paling ampuh untuk tetap terhubung dengan prospek dan pelanggan Anda, tetapi apakah Anda menggunakan email yang sama dengan pra-coronavirus? Saat Anda beradaptasi dengan lingkungan baru dan cara penjualan digital, Anda harus membuat kesan pertama yang bagus melalui email dan posisikan pesan Anda dengan cara yang membangun kepercayaan pada saat ketidakpastian. Anda perlu menunjukkan empati dan pengertian untuk situasi yang dihadapi. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menggunakan waktu Anda sekarang untuk meninjau dan memperbaiki pesan email Anda.

4. Mulai memperluas jaringan Anda

Karena setiap orang dikarantina di rumah, interaksi langsung mungkin terbatas atau tidak ada tetapi interaksi virtual berada pada titik tertinggi sepanjang masa. Memperluas jaringan Anda untuk terhubung dengan orang lain yang berhadapan dengan hal yang sama dengan Anda adalah cara yang bagus untuk meredakan ketidakpastian dan meyakinkan diri sendiri bahwa Anda tidak sendirian. Hal utama untuk memfokuskan upaya jaringan Anda selama ini adalah belajar. Ini adalah kesempatan sempurna untuk terhubung dengan orang dan grup yang dapat Anda pelajari untuk memaksimalkan potensi dari membangun jaringan digital.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK