Return to site

Tips Sales: Menjalin Komunikasi Internal & Eksternal Untuk Peningkatan Penjualan

· Tips Sales

Menjalin komunikasi adalah kunci utama yang harus dimiliki oleh salesperson untuk bisa meningkatkan penjualan. Karena, bagaimana pun penjualan yang Anda lakukan akan lebih maksimal apabila terjadi komunikasi yang baik dengan pelanggan. Anda akan sulit mencapai penjualan apabila hanya bekerja untuk kepentingan pribadi Anda sendiri. Karena, hal ini hanya akan menjadikan Anda sebagai salesperson yang egois yang hanya ingin memiliki pemasukan untuk diri sendiri tanpa peduli pada perusahaan. Sedangkan sales profesional bekerja sepenuh hati untuk membantu perusahaan dan untuk pengembangan dirinya sendiri.

Berawal dari apa yang dilakukan oleh sales profesional inilah, Anda harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan tim secara internal maupun dengan lingkup eksternal seperti dengan pelanggan, jaringan, mitra dan lain sebagainya. Komunikasi yang efektif merupakan komunikasi yang dapat mengarahkan pada penjualan. Namun, bukan berarti Anda selalu menghubungi orang lain hanya untuk menjual dan menawarkan produk tanpa henti.

Ketika kita berbicara mengenai komunikasi internal, maka Anda harus selalu bertukar pikiran dengan anggota tim sales lainnya, berkomunikasi dengan tim marketing, layanan/dukungan pelanggan dan juga sales leader. Memecahkan masalah bersama ketika Anda kesulitan dan tidak menjadikan orang-orang dalam satu perusahaan sebagai pesaing namun jadikan mereka sebagai rekan yang harus Anda ajak untuk sukses bersama. Dengan pemikiran tersebut, Anda sebagai anggota tim sales akan lebih mudah dalam berkomunikasi dan menjalin hubungan secara internal.

Sedangkan untuk ruang lingkup komunikasi eksternal ini akan mencakup pelanggan, jaringan dan lead yang Anda miliki. Anda harus lebih sering berkomunikasi dengan mereka untuk mengetahui keinginan pelanggan, masalah yang dihadapi dan mencari solusi. Sedangkan dengan jaringan, Anda akan lebih mudah untuk menjalin kerja sama dengan mereka atau bahkan mendapatkan pelanggan yang berkualitas dari jaringan. Namun, jika komunikasi Anda dengan jaringan tidak berjalan dengan baik, maka sudah pasti meskipun Anda memiliki jaringan yang luas, Anda tidak akan mendapatkan manfaat dari banyaknya jaringan yang Anda miliki tersebut. Selanjutnya dengan lead, fokuskan komunikasi Anda untuk menemukan masalah utama yang mereka hadapi. Dengan mengetahui masalah yang dihadapi oleh lead, Anda akan lebih mudah dalam melibatkan mereka dalam mengambil keputusan yang paling tepat dengan menawarkan solusi dari produk yang Anda tawarkan untuk mereka.

Ilustrasi (c) Unsplash.com