Return to site

Tips Penjualan Menghadapi Tantangan 2020

· Tips Sales

Sebelumnya, kami segenap direksi dan staf Sales1CRM mengucapkan “Selamat Tahun Baru 2020”, semoga pada tahun 2020 ini semua resolusi dan target pribadi maupun perusahaan dapat dicapai dengan baik. Untuk mengawali tahun 2020 ini, kami ingin memberikan tips dalam menghadapi tantangan penjualan yang dapat menjadi tantangan baru untuk bisnis Anda. Selain pertumbuhan ekonomi dan daya beli, tentunya pertumbuhan bisnis kompetitor juga dapat menjadi batu sandungan untuk bisnis Anda. Oleh karena itu, agar Anda tidak terjatuh dan tetap mampu meningkatkan penjualan pada tahun 2020 ini, berikut adalah beberapa tips penjualan untuk Anda.

1. Ikuti strategi yang Anda miliki, jangan hanya mengikuti kemauan prospek

Strategi penjualan dan strategi pemasaran adalah tumpuan yang harus dijalankan oleh tim sales dan tim marketing. Untuk itu, perbaiki cara Anda dalam memulai penjualan dan pemasaran pada tahun 2020 ini untuk lebih mementingkan strategi yang diberikan oleh perusahaan. Jangan hanya bekerja untuk mengikuti kemauan prospek, karena jika Anda selalu berada dibelakang prospek, maka Anda tidak akan bisa bekerja dengan baik.

2. Ciptakan lead berkualitas secara konsisten

Kurangi potensi lead yang tidak berkualitas dalam daftar kontak Anda. Maksimalkan penjualan Anda dengan memperbanyak jumlah prospek berkualitas dengan konsisten. Anda dapat menjual bukan karena keberuntungan belaka, tetapi Anda berhasil menjual karena usaha Anda berada pada jalur yang benar. Jika Anda konsisten dalam menghasilkan lead berkualitas, maka Anda dapat menghasilkan penjualan yang berkelanjutan pula. Hal positif lainnya jika Anda memperbanyak jumlah prospek berkualitas, maka Anda akan menghasilkan proses penjualan yang lebih cepat.

3. Implementasi teknologi sales & marketing

Digitalisasi sistem adalah satu keharusan yang sudah seharusnya Anda terapkan saat ini. Perpendek siklus penjualan dengan memanfaatkan teknologi digital untuk sales dan marketing. Untuk mengirimkan email, Anda dapat menggunakan alat email marketing. Sedangkan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan, Anda dapat menggunakan teknologi seperti Customer Relationship Management (CRM). Jika Anda tetap menutup mata pada teknologi sales dan marketing, maka Anda akan tetap kesulitan untuk menganalisa efektivitas penjualan dan pemasaran. Bahkan untuk memastikan follow up di waktu yang tepat pun akan menemui kesulitan.

4. Pengembangan jaringan

Jaringan memberikan pengaruh terhadap kemudahan Anda dalam menemukan prospek berkualitas. Terus kembangkan jaringan bisnis Anda untuk mendapatkan manfaat tersebut. Tapi ingat, kembangkan jaringan sesuai dengan core business perusahaan Anda, ini perlu dilakukan agar Anda tidak salah dalam menawarkan suatu produk nantinya.

Itulah hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki penjualan pada tahun 2020 ini, jika Anda memiliki tips lain yang ingin dibagikan, silakan tambahkan ide-ide Anda pada komentar di bawah ini!

Ilustrasi (c) Flickr.com Marco Verch

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK