Return to site

Tips Presentasi Penjualan Untuk Sales Pemula

Sukses presentasi dengan tips sederhana berikut ini!

· Tips Sales

Presentasi merupakan cara untuk mengenalkan produk Anda lebih jauh kepada prospek. Presentasi yang sukses adalah presentasi yang mampu meningkatkan minat pelanggan terhadap produk. Tetapi, untuk bisa meningkatkan minat prospek terhadap produk tidak bisa dilakukan dengan cara melakukan promosi berulang-ulang dalam presentasi. Bagaimana agar Anda sukses dalam presentasi, berikut adalah tips untuk Anda.

1. Mulailah dengan fondasi yang kuat

Fondasi utama yang dilihat oleh prospek adalah template presentasi yang Anda berikan kepada prospek. Anda bisa mendapatkan banyak template secara gratis maupun berbayar di internet untuk desain yang cepat dan terlihat profesional. Cara ini memang tidak salah, tetapi ada kemungkinan prospek telah melihat desain template yang Anda gunakan saat presentasi dengan perusahaan lain. Oleh karena itu buatlah template profesional yang benar-benar dirancang oleh perusahaan Anda sendiri. Selanjutnya adalah tempat yang nyaman dan persiapan matang untuk melangsungkan presentasi.

2. Mulailah dengan masalah yang dihadapi oleh prospek

Jangan terlalu banyak membicarakan keunggulan produk yang Anda miliki, untuk awal presentasi mulailah dengan materi yang langsung fokus pada masalah yang dihadapi oleh pelanggan. Cara ini mampu mencerminkan bahwa perusahaan mampu memahami kebutuhan pelanggan dibandingkan lebih fokus pada produk yang Anda tawarkan.

3. Berorientasi pada solusi

Ketika Anda sudah menjelaskan banyak hal tentang masalah yang dihadapi oleh pelanggan, selanjutnya adalah menyampaikan solusi yang Anda tawarkan untuk prospek. Bagaimana pun, prospek mengundang Anda untuk mempresentasikan produk adalah untuk mengetahui solusi seperti apa yang akan Anda berikan kepada prospek. Jangan melewatkan poin ini jika Anda tidak ingin gagal melanjutkan proses.

4. Membicarakan ROI

Ketika prospek sudah mengetahui bagaimana solusi yang akan Anda berikan untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh prospek, Anda dapat memberikan sedikit informasi kepada prospek bahwa dengan menggunakan produk Anda prospek tidak perlu mengkhawatirkan ROI. Buktikan bahwa produk Anda dapat memberikan keuntungan lebih untuk prospek dan dapat menutup investasi dengan periode yang dapat Anda taksir berdasarkan pengalaman pelanggan lama Anda.

5. Jangan terlalu banyak membawa perusahaan

Presentasi adalah tentang harapan prospek untuk mendapatkan solusi serta sebagai waktu yang tepat bagi mereka mendapatkan informasi tentang produk Anda. Prospek memilih Anda itu artinya prospek sudah mempelajari perusahaan Anda, jadi jangan mempresentasikan perusahaan Anda terlalu panjang atau Anda juga dapat melewati (skip) materi tentang perusahaan Anda.

Itulah tips presentasi untuk sales pemula yang dapat kami berikan. Apabila Anda memiliki tips-tips lain jangan sungkan untuk menambahkan tips Anda pada form komentar di bawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com