Return to site

Tips Sales: 3 Masalah Ini Sebenarnya Mengandung Peluang

Peluang dibalik masalah yang dihadapi sales

Tips Sales: 3 Masalah Ini Sebenarnya Mengandung Peluang

Setiap masalah tentu memiliki solusi yang positif jika kita bisa memecahkannya dengan tepat. Begitu pula bagi seorang sales yang menghadapi masalah dalam penjualan. Terkadang, ada peluang tersembunyi dari setiap masalah penjualan yang dihadapi. Namun, banyak dari mereka yang tidak dapat melihat peluang tersebut. Berikut adalah 3 hal umum yang menjadi masalah seorang sales tetapi memiliki peluang jika dapat dihadapi dengan baik.

 

1. Tidak memiliki banyak waktu

Waktu sering dianggap menjadi masalah yang cukup serius bagi seorang sales ketika tidak dapat membukukan penjualan. Salesperson yang harus kesana-kemari bertemu dengan prospek maupun bolak-balik ke kantor membuat waktu mereka terasa pendek. Ketika salesperson tidak dapat mengatur waktu yang dihadapi bukan tidak mungkin akan selalu menghadapi masalah yang sama setiap harinya.

 

Peluang: Mengoptimalkan waktu yang dimiliki menjadi satu-satunya jalan yang harus diterapkan. Untuk memanfaatkan waktu dengan baik, seorang salesperson harus memprioritaskan waktu untuk menghubungi prospek/pelanggan yang memiliki potensi. Mengurangi aktivitas yang tidak terlalu penting seperti nongkrong dan hal-hal yang membuang waktu Anda.

 

2. Terlalu banyak prospek

Memiliki banyak prospek bukan berarti baik untuk perusahaan terutama untuk Anda yang bekerja sebagai seorang sales. Diantara semua prospek tersebut sangat memungkinkan tidak akan menghasilkan apa-apa untuk Anda dan perusahaan. Semakin banyak prospek akan meningkatkan masalah pada poin pertama yakni terlalu banyak prospek yang meminta waktu sehingga membuat waktu Anda semakin pendek.

 

Peluang: Jika Anda memiliki banyak prospek memang ada baiknya. Jika Anda tidak ingin terjebak pada masalah ini, Anda harus menyaring semua prospek tersebut. Pilihlah prospek berkualitas yang menurut Anda memenuhi syarat. Jangan biarkan Anda memiliki pekerjaan yang banyak dengan prospek tapi tidak memiliki peluang yang baik. Untuk menyaring prospek ini, Anda dapat mengimplementasikan CRM untuk menyederhanakan tugas Anda sebagai sales.

 

3. Lead yang berkurang

Terlepas dari upaya terbaik dari tim marketing yang Anda miliki, terkadang lead berkualitas yang Anda dapatkan berkurang. Karena akan sangat sulit untuk menemukan seorang lead yang langsung meminta penawaran dari Anda.

 

Peluang: Ciptakan strategi yang bagus dalam proses penjualan Anda. Jangan membuat proses yang rumit agar lead tidak menunggu terlalu lama. Jika Anda menemukan lead yang berkualitas, sederhanakan proses sales pipeline Anda agar mereka semakin tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Ilustrasi (c) Pixabay.com