Return to site

Tips Sales: Anda Tidak Harus Datang Pertama Untuk Menjual

Datang belakangan juga bisa menjual, lho!

· Strategi Sales,Sales Strategy

Apakah Anda berpikir untuk bisa menjual produk, Anda harus menjadi orang pertama yang mendekati prospek? Apakah Anda yakin dengan menjadi yang pertama peluang Anda mencapai penjualan? Seberapa sering Anda menghasilkan penjualan dengan berlomba untuk menjadi yang pertama?

Pertanyaan-pertanyaan yang kami sebutkan di atas, merupakan pertanyaan dasar yang bisa menjadikan alasan apakah benar menjadi yang pertama akan menjamin penjualan bagi salesperson. Jika dari pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak ada jawaban yang menguatkan hasil penjualan yang Anda capai, itu artinya menjadi yang pertama bukanlah alasan keberasilan dalam penjualan. Kami sadar akan hal tersebut akan lebih sering Anda alami.

Sedikit contoh, ketika Anda masuk ke suatu toko baju, Anda menemukan brand A yang terpajang dengan bagus di dekat pintu masuk. Namun, pajangan tersebut sekilas menarik untuk Anda beli. Tetapi, Anda tidak ingin membuat keputusan yang hanya berdasarkan pada satu kali penglihatan. Kemudian Anda pun berjalan menuju pajangan-pajangan dari brand lain untuk Anda jadikan opsi. Seiring dengan perjalanan Anda tersebut, Anda pun menemukan produk yang benar-benar cocok dengan kebutuhan Anda. Tempat produk ini ada di pojok paling belakang yang secara logika akan sulit untuk dilihar dari awal masuk. Tetapi, karena Anda butuh akan produk, riset Anda pun berhasil membawa pada suatu produk yang memberikan solusi atas kebutuhan Anda. Hingga, Anda pun memutuskan untuk melakukan pembelian pada produk tersebut.

Dari cerita yang kami sebutkan ini, sudah jelas bahwa menjadi orang pertama yang menawarkan produk kepada prospek bukan jaminan Anda akan berhasil mencapai penjualan. Tetapi, solusi atas suatu kebutuhan yang akan memberikan pengaruh besar terhadap hasil penjualan yang dilakukan oleh prospek. Anda boleh kalah dalam hal siapa yang masuk lebih dulu pada satu prospek. Tetapi, Anda tidak boleh kalah dari proses persaingan untuk mencapai penjualan. Kuncinya, Anda perlu mengembangkan hubungan dengan prospek, mencari kebutuhan prospek dan kemudian tutupi kebutuhan tersebut dengan solusi yang Anda miliki. Dengan cara ini jauh akan lebih efektif dalam menghasilkan penjualan daripada Anda harus berlomba untuk sesuatu yang tidak menjamin akan menghasilkan penjualan.

Bekerja lebih efektif dalam menjual akan membawa Anda pada hasil yang maksimal. Selalu siap melayani prospek ketika mereka membutuhkan bantuan dalam hal apapun. Memberikan pesan positif di awal akan jauh lebih menghasilkan daripada Anda hanya sebatas masuk di awal proses. Jadi, apakah Anda sudah yakin bahwa tidak harus menjadi yang pertama untuk menghasilkan penjualan? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com