Return to site

Kolaborasi Sales & Marketing Dalam Menghasilkan Penjualan

Penjualan yang lebih baik dengan kerjasama sales & marketing

· Tips Sales,Tips Marketing

Sejauh ini, banyak marketer yang beranggapan bahwa fokus memasarkan produk adalah untuk mendapatkan lead. Pemikiran ini bukanlah arti dari pemasaran yang maksimal. Karena, banyak lead tentunya akan semakin meningkatkan pekerjaan yang harus diselesaikan. Setiap lead harus dikonversi menjadi prospek sebelum diserahkan kepada sales. Apabila, tim marketing yang hanya fokus pada banyaknya jumlah lead, tetapi tidak memikirkan kualitasnya, maka prospek yang diberikan oleh tim marketing ini menjadi prospek tidak berkualitas. Sehingga, penjualan yang diinginkan oleh tim sales menjadi tidak maksimal karena tim marketing tidak bekerja dengan baik lantaran fokus pada kuantitas bukan pada kualitas.

 

Sebaliknya, apabila tim marketing ingin dianggap sebagai tim marketing yang hebat, maka tim harus bekerja dengan cara yang baik, selektif dan lebih efektif dalam menjaring lead. Bukan karena harus mengejar jumlah lead yang didapat, tetapi lebih fokus pada seberapa besar potensi lead tersebut menjadi prospek yang berkualitas yang akan menghasilkan penjualan. Ketika tim marketing menerapkan hal ini, maka tim marketing sudah memiliki modal penting untuk melanjutkan tren positif untuk perusahaan agar dapat selalu tumbuh dalam pengembangan bisnis maupun dalam bertahan ditengah persaingan yang ketat.

 

Tim marketing harus memulainya dengan memperhatikan apa saja yang menjadi nilai dari proses pemasarannya. Apakah harus melakukan pemasaran biasa atau akan menggunakan data untuk menemukan lead uang sesuai dengan kualifikasi tim marketing (Marketing Qualified Lead). Dari kualifikasi lead ini nantinya tim marketing dapat menemukan prospek-prospek potensial yang dapat menghasilan penjualan dengan maksimal yang diharapkan oleh perusahaan. Selain dengan pemasaran yang efektif, penggunaan data melalui sistem CRM berdasarkan riwayat penjualan, demografi dan lain sebagainya adalah proses awal yang dapat menghasilkan prospek berkualtias itu sendiri. Ketika strategi untuk menciptakan peluang ini berhasil, semakin banyak Marketing Qualified Lead (MQL) yang didapatkan dan semakin mudah pula bagi tim sales untuk menyaring prospek-prospek ini untuk di konversi menjadi Sales Qualified Lead (SQL). Bagi sales, banyaknya prospek yang memenuhi kualifikasi SQL, mereka pun dapat meningkatkan produktivitasnya dan bekerja lebih efisien untuk menghasilkan penjualan yang maksimal namun tidak memakan banyak waktu

 

Dari apa yang kami jelaskan di atas, kolaborasi antara tim marketing dan tim sales dalam menghasilkan lead dan prospek berkualitas merupakan kunci keberhasilan bisnis yang tidak bisa dikesampingkan. Anda yang saat ini masih belum memiliki data penjualan dan data profil pelanggan, tentunya akan selalu berada di bawah bayang-banyak perusahaan lain dan gagal untuk mencapai penjualan yang maksimal. Tetapi, dengan menggunakan Customer Relationship Management (CRM) Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menghasilkan penjualan yang maksimal. Ingin menggunakan CRM? Silakan Hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com