Return to site

Tips Sales: Cara Mudah Membuat Pelanggan Datang Kepada Anda

Panduan sales & marketing untuk pemula

Tips Sales: Cara Mudah Membuat Pelanggan Datang Kepada Anda

Banyak orang yang memiliki kemampuan, memiliki bisnis, memiliki relasi tapi tidak bisa menemukan pelanggan yang tepat. Kita ambil contoh seorang penjual jasa seperti seorang desainer grafis. Mereka memiliki bakat, mereka memiliki keahlian tapi sering kali mereka tidak memiliki pelanggan yang benar-benar memahami bagaimana cara mereka bekerja. Bahkan dengan kemampuan yang sangat bagus pun tidak menjamin mereka untuk bisa mendapatkan klien setiap saat.

 

Alasannya adalah, mereka hanya bisa memasarkan keahlian mereka dengan cara tradisional. Selain itu, ia tidak bisa menerapkan strategi pemasaran yang sebenarnya sangat sesuai dengan kemampuan mereka yakni dengan menerapkan pemasaran bagaimana ia membuat pelanggan datang menghampirinya.

 

Siapa yang mampu membuat marketing seperti itu? Sebenarnya contohnya sangat sederhana, seorang ahli kunci hanya perlu melakukan pemasaran sederhana dengan membuka lapak di pinggir jalan, dan menunggu pelanggan datang.

 

Lalu bagaimana agar bisnis yang kita jalankan saat ini bisa menerapkan pemasaran yang mirip dengan apa yang dilakukan oleh ahli kunci tersebut? Jawabannya adalah Anda hanya perlu melakukan beberapa pemasaran yang sebenarnya sudah sangat tidak asing lagi, tapi mungkin belum Anda terapkan pada bisnis Anda. Berikut adalah strategi marketing agar pelanggan mendatangi Anda.

 

1. Mendaftarkan bisnis pada Yellow Pages

Yellow Pages, mungkin cara ini sudah terlalu usang untuk diterapkan ditengah bisnis yang sudah sangat kompetitif ditambah hadirnya teknologi. Tapi, Yellow Pages masih menjadi salah satu cara yang efektif untuk mendatangkan prospek.

 

2. Mendaftarkan bisnis melalui Google MyBusiness

Google MyBusiness adalah merupakan salah satu metode marketing yang sebenarnya tidak terlalu beda dengan Yellow Pages. Hanya saja, Google MyBusiness ini merupakan cara digital untuk mendaftarkan perusahaan Anda. Selain itu, terintegrasinya Google MyBusiness dengan Google Maps serta StreetView semakin memudahkan prospek maupun pelanggan menemukan bisnis Anda.

 

3. Cold Calling

Membuat daftar target pelanggan yang memiliki posisi khusus pada suatu perusahaan dan mencoba menawarkan produk yang Anda miliki juga bisa membuat prospek datang untuk mencari Anda. Hanya saja, untuk bisa mendapatkan prospek melalui cold calling ini Anda mampu melakukan pendekatan yang lebih sabar.

 

4. Bergabung dengan jaringan profesional

Hampir semua inbound marketer teratas adalah sosok yang aktif pada jaringan profesional. Jika saat ini Anda masih belum menjadi member jaringan profesional, Anda bisa memulainya dari sekarang. Karena kemungkinan besar mereka menemukan bisnis Anda dari jaringan profesional ini. Hanya dengan menggunakan profil Anda, mereka dapat melihat lebih jauh lagi apa yang Anda tawarkan.

 

LinkedIn adalah merupakan salah satu jaringan profesional yang paling menonjol saat ini. Social media untuk profesional ini menjadi salah satu tempat berkumpulnya profesional perusahaan dan merupakan tempat yang tepat untuk memasarkan produk B2B. Anda juga bisa bergabung dengan grup yang sesuai dengan target pelanggan Anda pada social media ini.

Ilustrasi (c) Pixabay.com