Return to site

Bagaimana Memperluas Channel untuk Mendapatkan Prospek Berkualitas

Data prospek untuk meningkatkan penjualan

Bagaimana Memperluas Channel untuk Mendapatkan Prospek Berkualitas

Banyak perusahaan yang menghabiskan waktu dan biaya untuk memasarkan produk secara efektif. Sebagian dari mereka memperluas data kontak diluar teman, rekan dan kenalan bisnis untuk bisa menemukan prospek lebih banyak lagi. Ada banyak cara yang dilakukan termasuk cara illegal seperti membeli kontak yang didapatkan oleh marketer lainnya.

Namun, dalam mengembangkan atau menambah jumlah data yang Anda miliki, Anda harus sangat jeli dalam menentukan pelanggan. Jangan sampai apa yang Anda lakukan menjadi langkah sia-sia karena tidak ada pelanggan yang sesuai dengan target yang Anda miliki. Tantangan lainnya ialah ketika Anda berusaha menjalin hubungan prospek, dibelakang Anda ia sudah memiliki keputusan tersendiri dengan perusahaan lain.

Diperlukannya keakuratan data prospek adalah kewajiban. Bukan hanya fokus pada banyaknya kontak yang Anda miliki. Apa artinya kontak yang Anda miliki berjumlah ratusan, tapi Anda hanya bisa menjual kepada 10 orang. Berikut adalah cara untuk bisa memilih prospek yang lebih tertarget.

1. Membuat jaringan strategis

Buatlah rencana yang berorientasi pada tujuan Anda. Anda bisa mulai berkumpul dengan prospek berkualitas yang Anda miliki baik dengan nongkrong secara offline seperti ngumpul di café atau secara online dengan cara saling berkomentar atau mengirimkan chatting melalui smartphone. Selain itu, Anda dapat menambah kontak prospek berkualitas Anda dengan cara mengikuti acara-acara yang berhubungan dengan jaringan, konferensi serta pameran dagang.

2. Meminta saran atau feedback

Ada banyak kesempatan bagi Anda untuk bisa menerima saran maupun feedback terkait produk dan layanan yang Anda miliki. Jika Anda telah memiliki umpan positif dari pelanggan Anda, cobalah untuk bertanya kepada mereka apakah ada rekan yang bisa direkomendasikan untuk menggunakan produk/layanan yang Anda miliki.

3. Membangun Aliansi Strategis

Bermitra dengan bisnis lain dan menawarkan produk serta layanan gratis merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk bisa menambah data kontak prospek Anda. Selain itu, Anda bisa melakukan pemasaran secara utuh namun dengan cara mengurangi biaya pengeluaran. Cara ini tidak hanya diterapkan oleh perusahaan kecil saja. Banyak perusahaan besar yang menerapkan metode ini hanya untuk mengumpulkan pelanggan baru dari sumber yang berbeda.

Perlu Anda perhatikan, ketika Anda telah memiliki banyak kontak, pemilihan siapa pelanggan yang harus diprioritaskan dan mana prospek yang perlu diprioritaskan. Tentunya dalam mengambil keputusan ini akan lebih sulit. Untuk mengatasi hal tersebut, implementasi CRM akan sangat membantu Anda dan tim Anda untuk memanajemen kontak serta untuk menjaga hubungan baik dengan mereka.

Apabila Anda memiliki saran atau tips-tips lain yang dapat menginspirasi pembaca kami, silakan tinggalkan komentar Anda dibawah ini. Anda juga dapat berlangganan melalui email untuk mendapatkan artikel pilihan dari kami.

Ilustrasi (c) Sales1CRM.com | Unsplash.com | Flaticon.com