Return to site

Tips Sales & Marketing Untuk Startup (PART 1)

Bagaimana memulai marketing dan penjualan untuk startup

· Tips Sales,Marketing,tips bisnis startup
Tips Sales & Marketing untuk startup

Marketing dengan cara yang benar akan membawa bisnis Anda tumbuh lebih cepat. Sebaliknya, marketing dengan cara yang salah akan menyulitkan bisnis Anda melakukan penjualan. Seberapa besar biaya yang dimiliki oleh Startup, mereka tidak ubahnya bisnis kecil. Butuh usaha marketing yang lebih efisien untuk memperkenalkan bisnis kepada calon pelanggan.

Apalagi jika Anda memiliki startup bisnis seorang diri dan bukan sosok orang yang pandai menawarkan produk atau tidak memiliki keahlian penjualan natural dalam diri Anda, itu akan semakin mempersulit upaya penjualan. Apakah Anda adalah sosok ini? Jangan khawatir, kami akan memberikan beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk membantu meningkatkan penjualan, memasarkan lebih baik dan tentu dengan mengurangi biaya untuk marketing.

1. Tawarkan manfaat, bukan perbandingan

Yang harus Anda lakukan saat menawarkan produk kepada calon pelanggan adalah bahwa Anda itu berbeda dengan produk orang lain. Berikut adalah kebiasaan marketer dalam menawarkan produk kepada calon pembeli/pelanggan:

  • Biaya (kebanyakan dari marketer mengatakan bahwa harga lebih murah dibandingkan produk lain)
  • Kualitas (kebanyakan marketer mengatakan bahwa produk yang mereka tawarkan adalah yang terbaik)
  • Kombinasi keduanya

Apakah dengan teknik tersebut calon pelanggan akan percaya? Jawabannya mungkin kebanyakan tidak. Jika mereka sudah cocok dengan produk yang mereka gunakan saat ini, akan sulit mengubah cara pikir mereka dengan mengatakan produk Anda adalah yang terbaik. Untuk itu, jangan menjadikan strategi diatas sebagai jurus Anda dalam menawarkan produk, pakailah cara yang lebih efektif yakni dengan menawarkan manfaat kepada mereka. Selain itu, Anda tidak boleh membandingkan produk Anda dengan produk lain secara sepihak, biarkan mereka menilai bahwa produk Anda memang berkualitas.

2. Mendengarkan pelanggan

Mendengarkan apa yang dikatakan oleh pelanggan akan membuat pelanggan semakin yakin bahwa Anda akan memberikan produk dan layanan kepada mereka dengan baik. Semakin percaya pelanggan kepada Anda, akan semakin loyal pula mereka.

3. Pasarkan produk Anda sebelum siap

Metode ini tidak hanya diterapkan oleh startup, tapi juga sudah diterapkan oleh perusahaan-perusahaan terkenal. Upaya Ini dilakukan untuk mengurangi kesalahan pengeluaran biaya produksi. Banyak perusahaan yang memproduksi produk dengan jumlah besar, hanya saja cara tersebut memiliki demand nol sebelum mereka melakukan promosi untuk mencari pelanggan. Dengan dana minimal, sebaiknya startup memasarkan produk terlebih dahulu dengan cara pre-order tentu dengan jarak tunggu yang lebih cepat.

4. Berpikir diluar kebiasaan

Saat ini sudah banyak media untuk melakukan promosi. Jangan hanya mengandalkan brosur untuk mempromosikan produk atau hanya mempromosikan via social media dengan konten standar. Buatlah iklan yang lebih kreatif baik melalui video atau content marketing dan lain sebagainya.

Masih ada tips sales dan marketing yang akan kami sajikan untuk Anda yang akan kami publish pada Tips Sales & Marketing Untuk Startup Part 2. Tetap ikuti blog kami dengan cara simpan pada bookmark atau klik subscribes dibawah ini.

Ilustrasi (c) Pexels