Return to site

Tips Sales & Marketing Untuk Startup (PART 2)

Trik pemasaran dan sales untuk startup

· Tips Sales,Tips Bisnis,tips bisnis startup
Tips sales & marketing untuk startup

Seperti yang kami janjikan kepada Anda bahwa kami akan membuat artikel tips sales dan marketing untuk startup lanjutan dari kiriman kami sebelumnya disini (URL to post). Dalam postingan ini Anda dapat membaca tips-tips lanjutan dari kami. Tak perlu kami panjang lebarkan lagi, berikut adalah tips lanjutan dari kami.

1.  Lakukan test pasar dengan cepat, lepas dari kegagalan dengan cepat

Marketing yang Anda terapkan bisa saja menjadi marketing yang gagal. Kondisi ini pun akan sangat merugikan bagi Anda yang baru saja membuka bisnis. Jutaan biaya mungkin Anda keluarkan untuk iklan tapi hasil penjualan tidak diraih dengan baik. Berhentilah melakukan iklan jika dirasa tidak mendorong penjualan, buatlah tes pasar sebelum melakukan iklan. Ketika menemukan kegagalan, maka berhentilah, jangan membuang biaya untuk iklan.

2. Pasang iklan dari berbagai sudut

Seperti yang kami sebutkan pada kiriman kami sebelumnya, berpikirlah diluar kebiasaan. Ini bukan hanya tetang satu sudut dimana Anda akhirnya memutuskan untuk memasang iklan. Sebagai contoh, ketika Anda merasa sukses memasang iklan di Facebook, Anda harus bisa mencoba untuk mencari tahu bagaimana jika Anda mencoba membuat iklan dengan content marketing. Setelah Anda selesai, coba lakukan survei berdasarkan pencarian di Internet, seberapa banyak orang yang membicarakan produk Anda berdasarkan keywords yang berkaitan dengan brand atau nama perusahaan Anda. Atau Anda juga bisa melakukan survei sederhana untuk mencari tahu dari mana mereka mengetahui brand Anda. Gunakan software CRM untuk menganalisa dan menyimpan data hasil survei Anda agar lebih aman.

3. Waktunya memulai Public Relation (PR)

Ketika perusahaan Anda sudah mulai besar, Anda harus tetap menjaga hubungan dengan orang-orang sekitar Anda. Karena, dengan PR akan menjaga promosi tradisional Anda. Langkah ini juga merupakan salah satu materi marketing untuk menjual produk Anda. Jika Anda memiliki kenalan orang media atau memiliki kenalan Artis, coba untuk mengendorse mereka.

PR sekecil apapun akan menarik perhatian pelanggan, seperti melalui berita atau blog. Tidak seperti tradisional marketing lainnya, PR merupakan iklan yang memberikan efek lebih lambat. Hanya saja, PR yang bagus akan meningkatkan kredibilitas dan brand awareness.

4. Beri waktu pelanggan berbicara tentang Anda, produk ataupun perusahaan.

Meski sebelumnya kami membahas tentang feedback, untuk yang satu ini mungkin sifatnya lebih kompleks. Karena ini adalah waktu yang tepat bagaimana pelanggan Anda berbicara tentang Anda. Baik atau buruk Anda harus mendengarkan apa yang mereka katakan. Jika Anda tidak memberikan tempat kepada mereka untuk komplain apapun tentang Anda maka Anda akan kehilangan peluang. Untuk itu, Customer Relationship Management (CRM) sangat dibutuhkan terkait hal ini.

 5. Beri Penghargaan Atau Ungkapan Kesenangan Anda

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atau apapun untuk membuktikan bahwa Anda bahagia dengan apa yang telah dilakukan oleh pelanggan seperti ungkapan “senang bekerja sama dengan Anda” atau memberikan sesuatu misal rewards poin dan lain sebagainya. Buatlah diri mereka merasa dihargai dan dianggap ada oleh perusahaan.

Kesimpulannya adalah, setiap apa yang Anda berikan kepada pelanggan akan memberikan efek terhadap bisnis Anda. Semakin ramah Anda kepada pelanggan, semakin loyal mereka kepada Anda. Menjaga hubungan baik dari awal, maka pelanggan juga tidak akan keberatan untuk merekomendasikan Anda atau produk-produk Anda.

Itulah tips-tips sales dan marketing untuk startup dari kami. Bagi Anda yang belum membaca PART 1, bisa membuka link ini. Punya topik yang bisa kami post untuk Anda? Silakan kirimkan email ke hi@sales1crm.com

Ilustrasi (c) Wikimedia CC / Pixabay

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK