Return to site

Tips Untuk Meningkatkan Skill Komunikasi – Part 2

Komunikasi sebagai garis terdepan dalam penentuan penjualan

· Tips Sales

Beberapa hari yang lalu kami telah memberikan artikel untuk meningkatkan skill komunikasi salesperson part 1. Untuk melengkapi artikel tersebut, pada kiriman kali ini kami akan menuntaskan tips-tips yang bisa Anda gunakan untuk menambah kemampuan Anda sebagai salesperson maupun marketer. Untuk mempersingkat waktu, berikut adalah tips untuk meningkatkan skill komunikasi part 2 untuk Anda:

6. Dengarkan perubahan nada

Nada yang dikeluarkan oleh prospek sering memberikan arti yang cukup penting untuk kesuksesan dalam penjualan. Nada prospek yang antusias atau memiliki minat biasanya cukup santai dalam berbicara dengan Anda. Sedangkan orang yang kurang antusias biasanya nada bicara dan cara menjawabnya pun terlihat bahwa orang tersebut tidak memiliki keinginan.

7. Berbagi informasi dengan prospek

Ketika prospek merasa nyaman atau menemukan kecocokan dengan Anda, ajaklah mereka untuk berbagi informasi menarik yang sekiranya membantu prospek Anda dalam menghadapi masalah yang mereka alami. Anda juga dapat memberikan informasi-informasi lain yang edukatif terkait produk Anda jika memang itu diperlukan.

8. Menyebutkan nama orang yang merekomendasikan beberapa kali dalam percakapan

Jika prospek yang Anda ajak berbicara adalah prospek dari hasil referral pelangan lama Anda, jangan lupakan mereka. Cobalah untuk menyebut mereka beberapa kali selama percakapan. Hal ini bertujuan untuk menambah ketertarikan prospek serta sebagai sarana untuk membuktikan kepada prospek bahwa Anda tidak akan melupakan pelanggan-pelanggan Anda.

9. Sedikit memiringkan kepala saat mendengarkan

Ketika prospek berbicara atau memberikan penjelasan, Anda dapat menambah sedikit gerakan yang dapat menggambarkan bahwa Anda benar-benar memperhatikan lawan bicara Anda. Cara yang paling mudah adalah dengan sedikit memiringkan kepala dengan disertai tubuh yang lebih condong kedepan untuk mendekat.

10. Mengulangi poin pembicaraan dan ucapan terima kasih

Ketika Anda merasa bahwa pembicaraan atau percakapan sudah cukup, Anda dapat merangkum poin-poin penting dari hasil percakapan tersebut. Jangan lupa untuk mengakhiri pertemuan Anda dengan uacapan terima kasih karena bagaimanapun juga prospek memberikan waktu untuk Anda adalah hal yang sangat luar biasa.

Itulah 10 tips untuk meningkatkan skill komunikasi yang dapat kami berikan untuk Anda. Apabila Anda memiliki tips lain, silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini.

Ilustrasi (c) Flickr.com