Return to site

Waktu & Bagaimana Anda Melakukan Management

· Manajemen Waktu

Waktu adalah komoditas yang kita semua inginkan lebih banyak namun tidak pernah berhasil mendapatkan cukup. Namun, dengan beberapa tips bermanfaat, Anda dapat dengan mudah meningkatkan manajemen waktu Anda. Mempertimbangkan bagaimana Anda menghabiskan waktu dalam sehari membantu memaksimalkan produktivitas dan memberi Anda lebih banyak waktu untuk istirahat dan relaksasi.

Meskipun kita semua bekerja dalam waktu 24 jam yang sama, ada cara sederhana untuk membuat setiap hari terasa lebih memuaskan. Ini melibatkan menyingkirkan hal-hal yang membuang-buang waktu kita dan berfokus pada hal-hal yang memanfaatkannya sebaik mungkin. Tidak yakin harus mulai dari mana atau butuh dorongan motivasi baru? Berikut adalah tips untuk membuat Anda bergerak ke arah yang benar.

1. Buat rutinitas

Bahkan jika gaya hidup Anda membutuhkan jadwal yang sedikit berbeda setiap hari, masih ada bagian dari rutinitas rutin yang dapat membantu Anda merasa di jalur dengan mengoptimalkan waktu Anda. Memulai hari dengan olahraga, sarapan sehat, jurnal atau meditasi dapat memicu otak Anda ke mode produktivitas.

Demikian pula, membuat rutinitas santai dengan memasak makan malam yang menyenangkan atau mandi panjang juga bisa menjadi bagian dari jadwal harian Anda yang menandakan akhir hari. Menerapkan kebiasaan sehat memberikan landasan yang memungkinkan Anda untuk merasa lebih sadar tentang waktu Anda.

2. Prioritaskan kegiatan

Luangkan waktu 10-20 menit di penghujung hari untuk bersiap menghadapi pagi berikutnya. Buat daftar yang dimulai dengan tiga hal teratas yang ingin Anda capai setiap hari, lalu prioritaskan sisa tugas Anda dalam urutan kepentingan.

Tentu saja, ada momen tak terduga yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, tetapi waktu perencanaan yang ditetapkan membantu memberikan fokus utama yang dapat Anda kembalikan saat Anda ditarik ke berbagai arah. Manajemen waktu adalah tentang efisiensi dan efektivitas. Meskipun kita semua ingin melakukan sebanyak mungkin, terlalu banyak tugas dapat membuat kita merasa terpencar dan tertinggal sepanjang hari.

3. Evaluasi jam produktivitas puncak

Luangkan waktu untuk menilai jam produktivitas puncak Anda. Tidak semua orang berjalan pada jadwal 9-5 yang sama. Ada saat-saat di siang hari yang terasa lebih produktif bagi sebagian orang daripada yang lain. Apakah Anda merasa sedang dalam kondisi terbaik di pagi hari? Kemudian, jadwalkan tugas-tugas Anda yang paling menakutkan selama waktu itu ketika Anda memiliki energi dan fokus untuk memberi mereka perhatian yang semestinya. Tinggalkan tugas yang lebih mudah atau lebih santai untuk sore hari atau berikan waktu itu untuk perencanaan, strategi, relaksasi, atau menghabiskan waktu bersama keluarga.

Mengetahui waktu dalam sehari ketika energi Anda berada pada puncaknya akan membatasi jumlah "pembuang waktu" yang Anda alami. Perlahan mulai ubah jadwal Anda sesuai dengan jam produktivitas utama Anda dan evaluasi bagaimana perasaan Anda dengan perubahan tersebut. Apakah Anda merasa lebih fokus? Apakah Anda membuat kemajuan yang lebih baik dalam mencapai tujuan Anda?

4. Optimalkan teknologi

Kalender online, pengatur waktu digital, dan aplikasi ponsel cerdas semuanya dapat membantu Anda tetap di jalur. Google Kalender adalah alat penjadwalan yang nyaman yang memungkinkan Anda untuk memberi kode warna dan mengatur pemberitahuan untuk pengingat rapat dan tenggat waktu proyek. Selain itu, Toggl Track adalah aplikasi manajemen waktu gratis (hingga lima pengguna). Ini memungkinkan Anda melacak waktu Anda pada tugas dan menjalankan laporan yang akan menunjukkan di mana Anda menghabiskan waktu paling banyak.