Return to site

CRM Untuk Finance & Perbankan

Pentingnya CRM untuk Bisnis Finance & Perbankan

· CRM,CRM Di Indonesia,Benefits of CRM
CRM untuk Finance dan Bank

Bisnis yang bergerak di bidang keuangan (finance), asuransi maupun perbankan adalah merupakan model bisnis yang sangat berbeda dengan model bisnis lain seperti manufaktur. Pendekatan kepada nasabah pun dilakukan dengan cara yang berbeda. Sebagai contoh, seorang nasabah asuransi tidak bisa merasakan manfaat langsung dari asuransi yang mereka ikuti. Berbeda dengan produk manufaktur yang manfaatnya bisa dirasakan langsung ketika nasabah membeli produk.

Dalam bisnis finance dan perbankan diperlukan usaha lebih keras dalam menjaring nasabah. Ada keunikan tersendiri dari para nasabah finance dan perbankan ini. Untuk itu sangat diperlukan CRM dalam membangun pondasi nasabah yang sudah ada atau untuk menambah nasabah baru yang sesuai dengan target.

Manfaat menggunakan CRM untuk Finance dan Bank

Ada lima manfaat yang akan didapatkan apabila bisnis ini menggunakan CRM.

1.  Fokus pada nasabah

CRM memiliki kemampuan untuk menempatkan nasabah pada titik fokus dari organisasi atau perusahaan guna memnuhi kebetuhan nasabah, kepuasan nasabah. Dengan demikian perusahaan juga akan mampu memaksimalkan keuntungan yang diberikan. CRM untuk Finance dan Perbankan membantu perusahaan memahami kebutuhan tersebut dan diintegrasikan dengan sumber daya manusia, teknologi dan proses bisnis.

2. Peningkatan profitabilitas

CRM Memungkinkan perusahaan untuk memberikan pelatihan kepada karyawan dengan lebih baik sehingga mampu menghadapi nasabah dengan lebih mudah. Ini akan memberikan kontribusi yang lebih baik dalam kinerja perusahan secara keseluruhan.

3. Kepuasan nasabah

Menjadikan nasabah seperti seorang raja dengan cara membuat mereka merasa bahwa seolah-olah mereka satu-satunya pelanggan perusahaan adalah hal yang sangat penting,. Perlakuan ini akan membuat nasabah lebih betah untuk tetap bersama perusahaan. Kepuasan ini nantinya juga akan meningkatkan ROI perusahaan. Nilai utama dari CRM untuk finance & perbankan terletak pada kepuasan dan peningkatan retensi nasabah.

4. Informasi lebih terpusat

CRM yang berhasil mengintegrasikan antara nasabah, proses dan teknologi akan memberikan pandangan lebih baik kepada pelanggan. Penyimpanan data pelanggan dalam satu tempat dalam CRM akan mempermudah perusahaan dalam mencari informasi dikemudian hari.

5. Peningkatan Share-of-Wallet

Kompetisi yang semakin ketat, margin yang semakin terkikis akan sangat mengancam perusahaan jika tidak dapat menerapkan strategi dengan benar. Ketika perusahaan sudah berhasil menjaga hubungan baik dengan seluruh nasabah baik kecil maupun besar, ancaman tersebut seakan tidak berlaku lagi. Karena nasabah sudah percaya dengan perusahaan dan mereka tidak akan segan untuk mengeluarkan uang mereka.

Selain manfaat, Apa saja yang didapatkan dari penggunaan CRM untuk perusahaan?

Setiap penyedia CRM Finance dan bank memberikan pelayanan berbeda-beda. Sales1CRM memberikan fitur CRM yang sangat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sistem CRM kami juga bisa melakukan report secara otomatis yang sudah terintegrasi. Sebagai contoh saat melakukan survey, laporan dimasukkan kesistem yang pastinya tidak bisa lagi dimanipulasi. Sistem otomatis yang juga terdapat pada CRM kami akan membantu Anda dalam mengejar calon pelanggan potensial mulai dari jadwal meeting atau jadwal follow up yang sangat membantu Anda.

Berikut adalah fitur-fitur yang dapat diaplikasikan kedalam bisnis Anda dengan menggunakan CRM Sales1CRM:

1. Lead Management
Lead management (Leads, Opportunity, Account) dapat digunakan oleh salesman dari perusahaan leasing / kredit untuk mencari prospek baru yang akan mendapatkan kredit dari perusahaan, mulai dari proses penawaran sampai kredit disetujui.

2. Account management
Account Management dapat digunakan oleh Bank untuk manage nasabahnya, terutama nasabah prioritas. Data yang tersedia bisa: tabungan apa yang diambil, produk investasi apa yang diambil, dll. Menu leads dan opportunity pada CRM dapat juga dipakai oleh sales Bank untuk mencari prospek nasabah yang akan membuka tabungan, mengambil produk investasi mereka, atau mencari kredit ke Bank karena CRM bisa memantau proses dari awal menjadi prospek sampai akhirnya menjadi customer / nasabah.

3. Fitur lainnya
Fitur yang agak berbeda dari CRM, yaitu WFA (Work Force Automation). Karena basicnya Sales1CRM memang ada 3 platform, yaitu CRM, SFA (Sales Force Automation) - untuk perusahaan distribusi FMCG, dan WFA. WFA yang terpakai di finance adalah untuk surveyornya, surveyor bisa melakukan report kunjungan / survey ke calon kreditur, lalu bisa melakukan foto, mengisi field apa saja yang dibutuhkan dari survey, dan tanda tangan customer bahwa sudah disurvey.

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang  CRM di email Anda.Caranya daftarkan email Anda pada kolom subscribes dibawah ini atau jika ada pertanyaan tentang CRM untuk Finance atau Perbankan silakan kontak kami ke hi@sales1crm.com

Ilustrasi (c) Pexels