Return to site

Ini Cara Untuk Mempertahankan Tim Sales Yang Sudah Solid

Jangan biarkan tim Anda terpecah belah

· Leadership

Memiliki tim sales yang solid adalah impian semua sales leader. Sayangnya, ketika perusahaan sudah menemukan tim yang solid, justru perusahaanlah yang menyia-nyiakannya karena perusahaan membuat mereka merasa tidak nyaman saat bekerja. Sehingga, tim yang awalnya solid harus dibangun kembali dengan proses yang panjang. Untuk menghentikan kejadian ini terjadi pada Anda, berikut adalah kiat-kiat untuk menjaga atau mempertahankan tim sales solid yang sudah Anda miliki saat ini.

1. Berikan dukungan untuk kegiatan-kegiatan ekstra yang mereka lakukan

Sebagai sales leader, tentu Anda sudah sangat paham kondisi di lapangan yang terkadang membuat emosi serta rutinitas pekerjaan yang dapat berubah dengan cepat. Seperti, pagi hari merasa bersemangat, sore hari suasana pun berganti menjadi sangat membosankan. Oleh karena itu, berikan waktu untuk tim Anda agar mereka tetap nyaman bekerja di perusahaan Anda dengan memberikan kegiatan ekstra di luar pekerjaan/rutinitasnya yang dapat mengembalikan suasana hati tim Anda.

Kegiatan ekstra ini dapat berupa bermain game pada waktu tertentu dengan batasan-batasan waktu yang ditentukan oleh perusahaan. Tim sales sudah dewasa, tentu mereka mengerti kapan waktu untuk bermain dan bersenang-senang untuk mengurangi penat pekerjaan dan kapan ia harus bekerja kembali. Kegiatan ekstra ini tidak hanya terpaku pada game saja, apapun yang ingin dilakukan oleh tim sales selama tidak bertentangan dengan perusahaan serta tidak mengganggu pekerjaan tim, tentu harus Anda dukung.

2. Memberikan rewards yang pantas untuk tim Anda

Tim yang sudah bekerja dengan susah payah tentu berhak mendapatkan penghargaan atas kinerjanya selama ini. Berikan ia penghargaan atau rewards sesuai dengan pencapaian hasil yang sudah didapat. Jika Anda hanya mengharapkan penjualan tetapi tidak pernah memberikan penghargaan, tentu tim Anda akan memilih untuk mencari perusahaan lain yang lebih menghargai usaha tim yang dimiliki.

3. Memberikan tim Anda kebebasan untuk menyampaikan ide dan memberikan kritikan

Sales leader atau bahkan pemilik perusahaan pun tidak pernah luput dari yang namanya membuat kesalahan. Jadi, biarkan tim Anda menyampaikan kritikannya untuk memperbaiki perusahaan. Anda juga berhak memberikan waktu kepada tim sales untuk menyampaikan ide. Anda tidak bisa menebak dari siapa Anda akan mendapatkan ide yang brilian. Jadi, berikan tim Anda kebebasan untuk menyampaikan ide-ide yang dapat mendorong penjualan yang lebih baik.

4. Manjakan tim Anda dengan sistem otomasi

Tim Anda sudah solid, tingkatkan penjualan mereka dengan menggunakan sistem otomasi yang dapat meringankan pekerjaan tim. Seperti dengan menggunakan sistem Customer Relationship Management (CRM) yang dapat meningkatkan kerjasama tim Anda serta kemudahan untuk menganalisa pencapaian dan potensi yang akan mereka dapatkan dari pengembangan proses penjualan dengan lead.

Itulah tips untuk menjaga tim sales yang dapat kami berikan untuk Anda. Satu pesan dari kami, jangan biarkan tim solid yang Anda miliki saat ini terpecah karena kesalahan perusahaan. Ada hal yang ingin ditambahkan? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Pixabay.com