Return to site

Manfaat Merekam Pembicaraan Dengan Pelanggan

Memudahkan tim memperbaiki layanan dengan rekaman

· Tips Sales

Merekam pembicaraan dengan pelanggan merupakan hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Karena, rekaman-rekaman ini dapat membawa banyak manfaat untuk perusahaan dan juga demi kepentingan perbaikan layanan terhadap pelanggan. Jika diperinci lebih jauh, berikut adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika merekam pembicaraan dengan pelanggan.

1. Untuk memudahkan tim sales maupun customer service (baru direkrut) memberikan layanan kepada pelanggan

Bagaimana cara melatih tim baru untuk melayani pelanggan? Salah satu cara yang paling mudah adalah meminta tim tersebut mendengarkan percakapan antara tim sales dan pelanggan, antara customer service dan pelanggan dan lain sebagainya. Dengan mendengarkan secara langsung bagaimana rekan-rekannya bekerja, tentu akan memudahkan anggota tim baru ini dalam belajar mengikuti budaya interaksi antara perusahaan dengan pelanggan.

2. Memudahkan perusahaan untuk melayani pelanggan

Rekaman pembicaraan yang dilakukan pelanggan dengan tim dari perusahaan tentu memudahkan seluruh departemen mendengarkan keluhan pelanggan dengan tepat tanpa ada yang dikurangi maupun ditambah. Yang artinya, ketika pelanggan melakukan komplain, perusahaan benar-benar tahu apa masalah yang dihadapi pelanggan tanpa harus mengira-ngira dalam mencari solusi.

3. Mencari tahu taktik sales dalam menawarkan produk

Ketika Anda mendapatkan telepon dari prospek yang sedang mencari produk, apa yang dilakukan oleh sales yang mampu menghasilkan penjualan dan apa yang membuat penawaran gagal. Dengan rekaman, leader dan pimpinan perusahaan dapat membandingkan cara yang dilakukan oleh sales yang berhasil dan yang tidak. Kemudian, perusahaan dapat memutuskan untuk menggunakan strategi seperti apa yang akan diterapkan dalam menawarkan produk. Artinya, perusahaan memiliki peluang untuk mempelajari potensi-potensi strategi efektif dalam menawarkan produk dari hasil rekaman pembicaraan tersebut.

4. Kualifikasi lead

Dengan menggunakan rekaman pembicaraan, tim sales dapat belajar bersama-sama dalam menentukan atau kualifikasi lead yang mereka miliki. Bagi leader, Anda dapat mengajarkan bagaimana gaya bahasa dari lead yang dapat dijadikan acuan atau menunjukkan minat terhadap produk melalui intonasi suaranya.

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan dari merekam pembicaraan dengan pelanggan. Perlu Anda ingat, jangan asal merekam pembicaraan dengan pelanggan. Beritahu pelanggan Anda bahwa setiap pembicaraan akan direkam untuk kepentingan pelayanan pelanggan bukan untuk kepentingan lain.

Ilustrasi (c) Unsplash.com