Return to site

Memahami 5 Poin Untuk Mencapai Penjualan Yang Efektif

· Tips Sales

Sales representative sangat penting untuk pertumbuhan bisnis apa pun. Mereka berfungsi sebagai titik kontak utama antara bisnis dan pelanggan. Tim sales memastikan bahwa pelanggan saat ini memiliki produk yang tepat, mengidentifikasi prospek penjualan baru, dan menawarkan prospek. Untuk menjadi tim sales yang sukses, ada keterampilan tertentu yang perlu Anda kembangkan dari waktu ke waktu.

1. Dapatkan pengetahuan mendalam tentang produk yang Anda jual

Pengetahuan produk sangat penting, terlepas dari industri tempat Anda berada. Dengan konsumen yang memiliki akses langsung ke internet dan mengetahui lebih dari sebelumnya, tim sales harus mengetahui produk mereka. Penelitian menunjukkan bahwa 50% pelanggan mencari saran ahli saat membuat keputusan pembelian, sementara 73% lebih lanjut mengatakan bahwa pengetahuan produk adalah yang paling mereka butuhkan dari sales representative.

2. Pahami masalah utama pelanggan

Tim sales yang efektif menghabiskan waktu dengan prospek yang memiliki masalah yang dapat dipecahkan oleh produk mereka. Jika prospek yang Anda dekati tidak memiliki masalah, mereka tidak membutuhkan produk atau layanan Anda. Maka akan sulit untuk meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian. Terserah sales representative untuk mempelajari bagaimana mereka dapat dengan cepat mengungkap masalah utama pelanggan.

3. Jual ke orang yang tepat

Kesalahan umum yang pertama kali dilakukan sales representative adalah mencoba menjual kepada orang yang salah. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk menjangkau orang-orang yang tidak tertarik untuk berbicara dengan mereka.

4. Latih soft skill Anda

Ada beberapa keterampilan penjualan yang perlu Anda miliki untuk menjadi tim sales yang sukses. Tetapi selain memiliki keterampilan penjualan teknis seperti membuat perkiraan penjualan atau mengetahui cara menggunakan CRM, Anda perlu melatih keterampilan soft selling Anda. Memahami aspek teknis pekerjaan itu bagus, tetapi jika Anda tidak tahu bagaimana terhubung dengan prospek, akan sulit untuk melakukan penjualan. Soft skill adalah yang membedakan tim sales yang hebat dari rekan-rekan mereka.

5. Tahu kapan harus pergi

Keterampilan yang berguna yang harus dimiliki sales representative adalah mengetahui kapan harus pergi. Tidak ada gunanya membuang waktu untuk kesepakatan ketika prospek tidak menunjukkan minat. Waktu yang Anda buang untuk prospek yang tidak berminat dapat disalurkan ke kegiatan yang lebih produktif. Untuk proses penjualan yang lebih efisien, Anda harus berupaya memperpendek siklus penjualan rata-rata Anda. Jika Anda tidak meninggalkan kesepakatan penjualan yang buruk, prospek mungkin menyeret Anda selama berminggu-minggu tanpa memberi Anda jawaban yang pasti. Ini hanya membuang-buang waktu Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com