Return to site

Tips Mengembangkan & Menjaga Tim Sales Tetap Produktif

· Team Work,Leadership,Sales

Mengembangkan dan menjaga tim sales tetap produktif harus dimulai dari proses dari bawah. Tidak ada tim yang produktif yang bisa Anda miliki hanya dalam waktu singkat. Terlebih lagi jika tim Anda sering terjadi pergantian atau penambahan anggota. Hal ini akan menjadi menambah waktu untuk memiliki tim yang produktif. Pasalnya, orang-orang baru yang ada di dalam tim Anda harus belajar dan beradaptasi dengan lingkungan serta strategi perusahaan. Adalah hal yang biasa jika mereka sedikit lebih lambat untuk mencapai produktivitas meskipun terkadang ada yang lebih cepat dalam beradaptasi. Berikut kami akan memberikan beberapa tips kepada Anda yang ingin mengembangkan dan menjaga tim sales tetap produktif yang kami harap dapat membantu Anda.

1. Membangun kerja sama tim

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memulainya dengan meningkatkan kerja sama tim. Kerja sama tim dapat membantu tim saling menutupi kekurangan masing-masing. Selain itu, pekerjaan berat akan menjadi terasa ringan jika dilakukan secara bersama-sama. Hal sebaliknya akan dirasakan oleh tim Anda jika dari sisi Anda tidak peduli dengan kondisi tim di lapangan dan adanya persaingan internal. Percaya atau tidak, ketika terjadi persaingan secara internal, maka Anda dan tim akan mengalami kesulitan untuk memiliki tim yang produktif dan seimbang.

2. Ingatkan tim Anda bahwa kegagalan yang dialami adalah kegagalan semua orang

Jika target penjualan tidak dapat terpenuhi, Anda harus mengatakan kepada tim Anda bahwa ini adalah kegagalan semua tim. Meskipun ada tim yang berprestasi dan mencapai target individual, Anda jangan memberikan pengecualian kepada anggota tim tersebut. Sebaliknya, mintalah dia untuk berbagai strategi agar semua tim dapat berhasil mencapai penjualan seperti yang ia dapatkan.

3. Menggabungkan kemampuan tim dengan bantuan alat penjualan

Kemampuan tim dalam bekerja tidak akan maksimal jika Anda mempertahankan metode tradisional saja. Pasalnya, perkembangan dunia sales juga harus Anda ikuti bersama dengan tim. Jangan menutup mata dengan kehadiran teknologi alat penjualan yang bisa Anda temukan. Seperti dengan menggunakan sistem CRM, sistem SFA dan lain sebagainya. Karena, teknologi-teknologi tersebut hadir untuk memaksimalkan kinerja dan meningkatkan produktivitas dalam mencapai penjualan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com