Return to site

3 Cara Menghasilkan Penjualan Dari Penolakan Prospek

Peluang yang bisa Anda dapatkan setelah ditolak prospek

· Tips Sales

Menghasilkan penjualan dari penolakan prospek seperti tidak akan pernah bisa Anda lakukan. Padahal, bagi sales yang gigih, penolakan dari prospek ini bisa ia ubah untuk menjadi penjualan. Hal ini tidak lepas karena perubahan yang dialami oleh prospek itu sendiri. Itulah mengapa, dalam menjalani karir sebagai sales, terkadang kita perlu menjalankan trik dan strategi yang unik agar bisa mengubah kondisi proses dengan cepat. Berikut adalah tiga cara untuk bisa menghasilkan penjualan dari proses yang sebelumnya sudah ditolak oleh prospek.

1. Anda harus mengetahui penyebab dari penolakan tersebut

Tak banyak sales yang bersedia meluangkan waktunya untuk mencari tahu penyebab dari penolakan yang ia alami. Mereka hanya berpikir bahwa penolakan tersebut sudah merupakan titik akhir dari proses perjuangannya selama ini. Padahal, jika ia meluangkan waktu untuk mencari tahu alasan mengapa ia ditolak, tentu akan lebih mudah baginya untuk melakukan pendekatan ulang. Berikut adalah beberapa penyebab dari gagalnya pendekatan yang Anda lakukan:

  • Nilai yang Anda tawarkan kurang meyakinkan prospek
  • Terjadi miskomunikasi dengan prospek
  • Pendekatan di waktu yang kurang tepat

2. Menawarkan sampel atau demo kepada prospek

Saat prospek Anda melakukan penolakan, cobalah untuk menawarkan sampel (produk) atau dengan demo layanan kepada prospek. Dengan menggunakan strategi ini dan prospek akhirnya merasakan pengalaman seperti apa produk yang Anda tawarkan kepada mereka. Pengalaman inilah yang nantinya akan mengkonversi penolakan yang sebelumnya diberikan oleh prospek kepada Anda dapat berubah menjadi penjualan.

3. Menjalin hubungan via email

Cobalah untuk membangun hubungan dengan prospek ini melalui email. Anda juga perlu meminta izin untuk mengirimkan beberapa pembaruan atau pemberitahuan kepada prospek yang melakukan penolakan sebelumnya terkait produk/layanan yang Anda miliki. Jika ia memberikan izin kepada Anda, ini merupakan sinyal yang cukup bagus bagi Anda. Karena, izin tersebut menandakan adanya keinginan dari prospek untuk bekerja sama dengan Anda.

Kesimpulan

Penolakan tidak selalu menjadi akhir dari proses penjualan. Penolakan dapat mengartikan penundaan yang dilakukan oleh prospek sebelum mengambil keputusan. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan bagaimana cara terbaik untuk menjaga hubungan dengan prospek supaya dapat mengubah penolakan ini menjadi penjualan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly