Return to site

Kesalahanpahaman Terhadap Penggunaan CRM

Apakah Anda juga salah dalam memahami CRM?

· CRM Di Indonesia,CRM di Jakarta,CRM

Banyak pelaku bisnis, sales leader dan tim sales yang menolak untuk menggunakan CRM. Hal ini sering kali terjadi karena mereka salah paham terhadap kegunaan atau fungsi dari implementasi CRM. Sebagian dari mereka menganggap bahwa software seperti ini hanya akan memperlambat kinerja tim, harus belajar dari awal lagi dan lain sebagainya. Padahal, implementasi tidaklah berakhir seperti itu saja. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai beberapa paham yang salah mengenai CRM dan bagaimana seharusnya Anda menjadikan CRM sebagai titik awal dalam mengambil keputusan untuk menggunakan CRM di kemudian hari.

1. CRM hanya bisa digunakan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan saja

Sekilas, jika Anda hanya melihat nama dari software CRM akan berpikir bahwa aplikasi ini hanya akan membantu Anda membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan. Padahal, dalam fitur CRM tidak hanya berhenti pada layanan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan saja. Di dalamnya juga terdapat beberapa fitur seperti jadwal follow up, pemberian tugas kepada tim sales, melihat grafik performa tim sales, melihat riwayat pembelian dan lain sebagainya. Bahkan, dengan CRM komunikasi internal perusahaan dapat berjalan lebih baik dan meminimalisir kurangnya komunikasi dengan tim.

2. Menganggap bisnis terlalu kecil untuk mulai menggunakan CRM

Tidak ada batasan kapan Anda akan menggunakan CRM, bahkan disaat bisnis Anda masih kecil seperti ini dapat menjadi waktu yang sangat tepat untuk implementasi. Alasannya, data pelanggan belum terlalu banyak, tim dalam perusahaan masih belum terlalu besar, ini akan jauh lebih mudah untuk membudayakan tim untuk menggunakan CRM serta untuk merapikan data-data penjualan, pelanggan dan performa bisnis Anda.

3. CRM mengharuskan kita mengeluarkan biaya tidak penting

Karena perusahaan masih belum mengenal CRM dan fungsinya dengan baik, bukan berarti Anda mengeluarkan biaya yang tidak penting. Sekilas memang terlihat demikian, akan tetapi itu merupakan penilaian sebelum Anda merasakan manfaat dari CRM. Tetapi, setelah Anda memahami manfaat dan cara kerja CRM, anggapan ini pun akan hilang dengan sendirinya. Karena Anda bisa memaksimalkan penjualan dan perolehan pendapatan untuk bisnisyang Anda jalankan.

4. Memindahkan data menghabiskan waktu berharga tim sales

Bahkan, ketika Anda memindahkan dari sebuah note atau data fisik pada data digital, Anda akan berpikir ini merupakan tindakan yang membuang waktu. Namun, setelah Anda berhasil memindahkan data fisik ke data digital seperti spreadsheet, Anda akan merasa jauh lebih efisien. Sama halnya ketika Anda memindahkan data dari spreadsheet ke sistem CRM, awal pengerjaan memang akan terasa membuang waktu. Ketika migrasi data selesai, Anda akan merasakan bahwa data yang tersimpan pada CRM jauh lebih efisien daripada menggunakan spreadsheet. Terlebih lagi, Anda memiliki banyak fitur tambahan yang mendukung proses penjualan menjadi lebih mudah untuk dicapai serta kualifikasi prospek dengan tepat.

Itulah kesalahpahaman yang sering dinilai oleh pelaku bisnis, sales leader dan tim sales terhadap CRM yang sering kami temukan. Jika Anda ingin menggunakan software CRM kami, tetapi masih ada rasa ragu, silakan hubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com, tim kami akan memberikan penjelasan sebaik mungkin kepada Anda tentang banyaknya manfaat yang akan didapat dari implementasi CRM.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly