Return to site

Bagaimana Cara Anda Berterima Kasih Kepada Pelanggan?

Memperbaiki pengalaman dengan cara sederhana

· Tips Sales

Pada artikel sebelumnya, kami telah memberikan bagaimana kekuatan ucapan terima kasih yang Anda berikan kepada pelanggan. Dari artikel tersebut, tentu Anda sudah sangat paham bahwa ucapan terima kasih bukanlah hal sepele yang dapat Anda biarkan begitu saja. Karena, dalam terima kasih ini mengandung banyak makna yang dapat membekas pada hati pelanggan-pelanggan Anda. Bagaimana tidak, coba Anda bandingkan berbelanja di toko yang tidak mengucapkan terima kasih setelah kita melakukan pembelian dengan yang berterima kasih, tentu ini memiliki kesan yang sangat berbeda.

Ucapan terima kasih yang sederhana ini menunjukkan etika positif dari salesperson terhadap pelanggan, maupun dari perusahaan untuk pelanggan. Ini pun akan menghasilkan pengalaman yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan pelanggan yang tidak mendapatkan ucapan terima kasih. Bagaimana cara Anda berterima kasih dengan pelanggan? Selain dengan ucapan, yang harus dilakukan dengan berbagai metode yang sudah kami sebutkan pada artikel sebelumnya, Anda juga bisa menunjukkan rasa terima kasih dengan berupa tindakan.

1. Berterima kasih dengan meningkatkan layanan

Selain mengucapkan, Anda perlu menunjukkan rasa terima kasih kepada pelanggan dengan melakukan peningkatan layanan. Jangan hanya meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan tertentu saja. Tetapi Anda melupakan pelayanan yang maksimal untuk orang-orang yang dianggap hanya menghasilkan penjualan kecil saja. Ketimpangan pelayanan seperti ini sangat tidak baik untuk perusahaan Anda. Jadi, jangan pernah melakukannya.

2. Berterima kasih dengan inovasi

Produk Anda tidak akan selamanya bisa sesuai dengan kebutuhan zaman. Untuk itu, Anda perlu melakukan inovasi-inovasi baru terhadap produk dan layanan sebagai bentuk terima kasih Anda kepada pelanggan. Inovasi ini akan menciptakan pengalaman yang sangat luar biasa bagi pelanggan-pelanggan Anda. Tetapi, Anda juga perlu mempertimbangkan kecocokan inovasi produk dengan solusi yang diharapkan oleh pelanggan. Jika inovasi Anda hanya mengurangi nilai kecocokan dengan pelanggan, maka inovasi Anda ini hanya akan menjadi inovasi yang biasa-biasa saja.

Jadi, cara Anda berterima kasih kepada pelanggan bukan hanya dengan memberikan hadiah atau diskon belaka. Jika Anda ingin meningkatkan kualitas pelanggan yang dimiliki, maka kualitas layanan dan inovasi menjadi yang lebih penting yang harus Anda lakukan sebagai bentuk terima kasih. Menciptakan pengalaman yang semakin baik bagi pelanggan akan selalu menjadi solusi bagi perusahaan untuk bisa tumbuh dengan baik meskipun Anda sedang menghadapi ekonomi lemah atau pun persaingan yang semakin ketat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly