Return to site

3 Hal Yang Dapat Mempengaruhi Reputasi Perusahaan Terhadap Pelanggan

· Tips Bisnis,Hubungan Pelanggan

Menjadi seseorang yang disukai oleh pelanggan itu penting, tetapi jangan sampai Anda menjadikan personal Anda saja yang disukai oleh mereka. Anda harus ingat bahwa tujuan Anda dalam bisnis selain disukai secara personal, produk dan layanan dari perusahaan juga harus memiliki penilaian yang sama. Sama halnya ketika Anda disukai secara personal, Anda juga harus bisa menjadi personal yang dapat mendengarkan keluhan pelanggan. Namun, jangan hanya berhenti didengarkan oleh Anda saja, melainkan semua tim yang terhubung dengan pelanggan juga harus mendengarkan pelanggan. Dengan ini, maka Anda akan ingat bahwa semua bisnis hanya bisa berjalan jika pelanggan selalu puas dengan apa yang kita berikan.

Tanamkan dalam diri Anda bahwa dalam setiap layanan pelanggan yang baik bukanlah untuk menggantikan produk Anda. Namun, layanan pelanggan ini untuk menjamin loyalitas pelanggan agar selalu membeli dari Anda. Ketika kepuasan pelanggan terhadap produk terpenuhi, namun tidak dari sisi layanan terhadap pelanggan, maka pelanggan akan mencari alternatif. Inilah yang kemudian menjadikan Anda gagal untuk memiliki pelanggan-pelanggan loyal dan selalu merasa kesulitan untuk mendapatkan mereka. Antara kualitas layanan dan kualitas produk ini akan selalu berjalan berdampingan. Anda tidak bisa hanya memfokuskan satu dari keduanya. Karena jika hal tersebut terjadi, maka Anda akan tetap gagal memiliki pelanggan yang loyal. Jika Anda ingin memiliki reputasi perusahaan yang baik, maka perbaiki keduanya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kualitas layanan lebih baik namun dapat berimbas pada reputasi bisnis Anda.

1. Selalu memberikan informasi kepada pelanggan

Jauh sebelum Anda menandatangai kontrak dengan pelanggan, Anda perlu memberikan informasi mengenai kapan produk/layanan Anda akan tersedia. Jangan sampai pelanggan kecewa kepada Anda karena kesalahan ini. Banyak sekali salesperson yang enggan menginformasikan sesuatu yang terjadi demi tercapainya penjualan. Sayangnya, ketika kontrak sudah ditandatangani, perusahaan tidak dapat menepati kesepakatan pada kontrak. Hal ini dapat memicu kekecewaan yang serius dari pelanggan dan dapat menurunkan reputasi Anda. Maka dari itu, jika ada kendala katakan sebelum kontrak, atau ketika ada kesalahan teknis pasca kontrak, informasikan kepada pelanggan, dan pastikan kapan Anda akan memenuhi kontrak tersebut. Ini akan jauh lebih baik dibandingkan dengan Anda diam dan tidak memberikan informasi apa pun.

2. Jangan mengubah apa pun tanpa persetujuan

Salah satu bentuk layanan pelanggan yang baik adalah menghormati keputusan dan kontrak yang sudah terjadi. Meskipun Anda memiliki satu ide yang sangat brilian, bukan berarti pelanggan akan cocok dengan ide Anda yang baru. Maka dari itu, jika kesepakatan sudah terjadi, jangan pernah mengubah apa pun, sebaliknya, tanyakan dan minta persetujuan dari pelanggan untuk mengetahui pendapat mereka. Jika Anda mengambil tindakan tanpa persetujuan, maka saat itu juga Anda akan berpotensi mendapatkan penilaian yang kurang baik dari pelanggan.

3. Selalu melakukan follow up

Buatlah jadwal follow up kepada pelanggan secara rutin untuk mengetahui perkembangan yang terjadi dengan produk dan meminta masukan-masukan dari pelanggan Anda. Ini baik untuk tetap menjaga kualitas produk dan layanan pelanggan yang harus dilakukan.

Itulah beberapa hal yang dapat mempengaruhi reputasi Anda melalui layanan pelanggan yang baik yang dapat kami berikan. Permudah semua proses dari poin-poin di atas dengan menggunakan sistem CRM. Dengan sistem ini, Anda dapat menyimpan dan memberikan informasi/riwayat komunikasi maupun transaksi dengan pelanggan. Informasi lebih lanjut mengenai sistem CRM dari Sales1, Anda dapat menghubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com