Return to site

4 Cara untuk Memberikan Nilai Lebih Kepada Pelanggan

· Tips Sales,Hubungan Pelanggan

Customer Relationship Management (CRM) telah diadopsi secara luas oleh para profesional B2B karena telah terbukti memiliki ROI yang lebih tinggi daripada strategi pemasaran lainnya. Dan banyak organisasi yang telah menambahkan fungsi CRM dalam beberapa tahun terakhir agar dapat lebih fokus pada bisnis yang tumbuh lebih baik. Customer Relationship Management (CRM) juga dapat mendukung berbagai inisiatif strategis bisnis. Dengan kata lain, CRM sangat efektif ketika Anda ingin menjual ke basis pelanggan Anda saat ini agar tepat sasaran dan bukan hanya menjadi penawaran yang membuang-buang waktu. Ketika Anda mencari atau ingin memperluas bisnis yang sudah ada, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan lebih mudah. Berikut adalah empat hal yang perlu diperhatikan.

1. Ketahui data yang tepat untuk mempelajari pelanggan Anda lebih lanjut

Ketika perusahaan ingin beralih pada model strategi dalam masuk ke pasar untuk fokus pada suatu penjualan yang lebih spesifik, maka perusahaan harus mengenali data-data pelanggan untuk dijadikan rujukan. Dengan kata lain, Anda harus mendengarkan pelanggan dan melihat data untuk mendapatkan wawasan. Mengetahui data pelanggan akan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi tim untuk melakukan pemasaran dan penjualan yang lebih tertarget. Dengan hubungan yang baik dengan pelanggan inilah yang kemudian membawa tim untuk menganalisa pemasaran dan strategi penjualan yang paling efektif untuk digunakan.

2. Memberikan wawasan untuk meningkatkan ekspansi penjualan dengan berbagai metode

Anda pasti akan mengenal direct selling, cross-selling, up-selling dan retention, dari semua metode penjualan tersebut, Anda membutuhkan data dari CRM untuk bisa menemukan metode yang dibutuhkan saat ini. Dengan mengetahui interaksi yang efektif dengan pelanggan, Anda dapat memaksimalkan semua metode tersebut untuk meningkatkan pertumbuhan dan perluasan penjualan agar dapat membantu bisnis Anda mendapatkan pendapatan yang lebih baik.

3. Membuat konten yang relevan dengan meningkatkan wawasan tim Anda

Tim Anda membutuhkan konten yang dapat digunakan sebagai rujukan agar mereka dapat menjalankan strategi atau mencari strategi yang tepat. Dengan sistem CRM, sebagai leader Anda dapat memenuhi kebutuhan ini dengan cara yang lebih sederhana dan mudah untuk dilakukan penyaringan. Dengan semua riwayat data yang tersimpan pada sistem CRM, Anda lebih dimudahkan untuk memilih strategi yang paling efisien untuk menambah skill dan wawasan tim dalam menjalankan penjualan dan pemasaran.

4. Bangun hubungan untuk memberikan nilai lebih

Dalam kondisi ekonomi saat ini, mempertahankan pelanggan dan mengurangi churn adalah kunci kesuksesan. Semakin banyak Anda menjual kepada pelanggan, semakin banyak mereka membeli berdasarkan hubungan Anda. Ada nilai yang akan diberikan oleh pelanggan yang didapat dari hubungan pelanggan ini. Ketika semua yang Anda lakukan sesuai dengan apa yang dibutuhkan pelanggan, maka kans untuk menjaga penjualan berkelanjutan dari pelanggan ini pun akan semakin meningkat. Inilah yang membuat nilai dari pelanggan terhadap Anda menjadi lebih meningkat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK