Return to site

4 Cara Inovatif Meningkatkan Motivasi Tim Anda Dalam Bekerja

Rahasia membuat tim bekerja penuh semangat

· Leadership

Ada banyak leader yang mengalami kebingungan untuk meningkatkan motivasi bekerja timnya. Padahal, ada beberapa cara inovatif yang dapat diterapkan agar tim dapat bekerja dengan motivasi yang lebih baik. Berdasarkan hasil study yang dilakukan oleh Warwick, menyebutkan bahwa seorang karyawan yang merasa senang mengalami peningkatan produktivitas sebesar 12%. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat tim Anda merasa lebih senang dengan pekerjaannya agar mereka dapat memiliki semangat/motivasi dalam bekerja.

Berikut adalah 4 cara untuk meningkatkan motivasi tim Anda dalam bekerja:

1. Cobalah untuk memberikan waktu yang lebih fleksibel

Untuk tim sales dan marketing memang mengharuskan bekerja mengikuti pelanggan atau prospek. Dimana mereka harus bekerja pada kisaran jam 8 pagi – 6 sore. Cobalah Anda memberikan jam kerja yang lebih fleksibel untuk mereka, setelah mereka berhasil mencapai target penjualan. Sebagai contoh, ketika target penjualan sudah dalam genggaman, berikanlah waktu istirahat tambahan kepada tim sales Anda seperti bonus cuti 1 hari.

2. Buatlah perayaan lebih sering

Tim sales pasti tidak mau melihat kondisi kantor yang sama setiap hari, karena mereka memiliki rutinitas yang sangat sibuk setiap hari. Pitching dari lokasi A ke B, B ke C dan seterusnya. Terlebih lagi, mereka harus berhadapan dengan kemacetan di jalan.  Untuk itu, cobalah berikan perayaan kecil-kecilan setiap tim Anda berhasil mencapai target penjualan. Tak harus mewah, cukup berikan waktu untuk makan bersama tim Anda sudah cukup membuat tim Anda lebih senang.

3. Buatlah kondisi kantor yang nyaman

Suasana kantor akan mempengaruhi moral tim Anda dalam bekerja. Terutama dari leader, ketika leader hanya fokus pada penjualan dan tidak memberikan masukan ketika tim sales dan marketing gagal, mereka tidak akan bisa bekerja dengan baik. Begitu juga dari tubuh tim, jika dalam tubuh tim ada yang bekerja individual dan ada persaingan, maka tim Anda tidak akan pernah memiliki kekompakan. Oleh karena itu, buatlah suasana kantor yang lebih nyaman, karena dengan cara ini tim Anda dapat bekerja sama dan saling mengenal satu sama lain.

4. Membuat permainan atau menyediakan game di kantor

Membuat permainan disini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan semangat tim. Permainan disini dapat berupa kuis dan lain sebagainya. Hal ini adalah untuk memacu kinerja tim Anda. Jika Anda tidak dapat memberikan gift sebagai tanda hasil kerja tim Anda, cara lain adalah dengan memberikan tempat untuk bermain di kantor seperti ranjang basket, ping pong dan lain sebagainya. Tentu ini dilakukan dengan waktu-waktu tertentu yang tidak menurunkan produktivitas atau membuat tim Anda lupa waktu.

Ilustrasi (c) Pixabay.com